Intensif VS Angon, Metode Apa Yang Paling Cocok Untuk Pemeliharaan Bebek Di Indonesia?

Ada dua tipe pemeliharaan bebek di indonesia yaitu sistem angon dan intensif. Sistem angon dilakukan dengan mengumbar bebek di areal persawahan dengan tujuan bebek dapat mencari makanannya sendiri sehingga biaya pakan dapat ditekan. Sementara sistem intensif dilakukan dengan mengandangkan bebek disuatu tempat tertentu dan untuk pakan semuanya dilakukan oleh peternak.


Pada kesempatan ini penulis ingin membandingkan sistem pemeliharaan bebek tersebut dari segi modal, keuntungan, kekurangan, tekanan, dan continuitas usaha.

Modal Usaha Ternak Bebek

Intensif. Sistem ini membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan sistem angon, pembiayaan yang besar ini banyak tertuju pada bibit, persiapan lahan, pembuatan kandang, pakan bebek dan maintenance kandang dan sapronak. 
Angon. Sistem ini tidak banyak mengeluarkan modal, hanya mengeluarkan biaya untuk pembelian bibit, kandang sementara dan mobilitas ternak

Keuntungan

Intensif. Keuntungan pemeliharaan intensif adalah produksi bisa lebih banyak dari sistem angon (tergantung tata laksana pemeliharaan), bebek dapat diamati lebih baik dan terkoordinasi.
angon. Keuntungan dari sistem ini adalah pembiayaan yang lebih terjangkau untuk pembelian pakan ternak.

Kekurangan

Intensif. Sistem ini membutuhkan banyak biaya.
angon. Banyak tersita waktu untuk memelihara, baik untuk memindahkan tempat maupun mengawasi bebek.

Tekanan

Tekanan yang dihadapi peternak bebek sistem intensif adalah bau kandang, kenyamanan bebek dalam kandang dan manajemen pakan. Sedangkan untuk sistem.
angon adalah mencari area yang siap untuk meng-angonkan bebeknya dan manajemen waktu serta resiko kehilangan bebek.

Sistem pemeliharaan bebek baik dengan sistem angon maupun intensif mempunyai resiko yang berbeda, sistem apa yang baik tentunya berbeda untuk setiap peternak tergantung dari kualitas peternak dari manejemen pemeliharaan dan keadaan lingkungan.

tentunya tulisan ini banyak kekurangan. hanya sedikit informasi yang bisa di share, perbanyak membaca, silaturahmi tentu membuat banyak info yang anda dapatkan. goodluck. semoga bermanfaat