10 Bangsa Kambing Perah Paling Populer Didunia

Di beberapa negara termasuk negara-negara tropis, walaupun banyak jenis kambing untuk ternak, tetapi masih sedikit sekali perhatian terhadap seleksi atau breeding dalam usaha memperoleh satu performans kambing yang baik.  Dalam tulisan ini akan disajikan beberapa bangsa kambing perah yang sudah banyak dikenal di dunia.

Kambing Anglo Nubian menurut Devendra ditinjau dari penampilan dan performans tampaknya merupakan persilangan antara kambing Jamnapari dari India dan kambing Nubian yang berasal dari Afrika.

Kambing Toggenburg berasal dari Swiss Timur Laut, yaitu dari lembah Toggenburg sehingga diberi nama kambing Toggenburg. Warna bulu di bagian tubuhnya bervariasi dari coklat muda sampai warna coklat tua / gelap.

Kambing  Saanen asli berasal dari Swiss bagian barat. kambing ini di Amerika disukai bukan karena produksi susunya tinggi, tetapi karena persistensi produksinya yang baik. 

Kambing Nubian merupakan satu-satunya kambing Afrika yang khusus digunakan sebagai kambing perah, walaupun strain yang terbaikpun tidak menunjukkan produksi susu yang istimewa.

Kambing French Alpine berasal dari pegunungan Alpine. kambing ini dibawa ke Amerika berasal dari Perancis (France), dimana kambing-kambing tersebut telah diseleksi untuk ke-uniform-an, ukuran dan produksinya.

British Alpine merupakan kambing yang di-developed menjadi produsen susu yang baik. Aslinya berasal dari Swiss Austria. 

Jamnapari atau Ettawa mungkin merupakan kambing yang paling populer dan tersebar luas sebagai kambing perah (susu) di India, Asia Tenggara, dan di daerah-daerah lain.

Diantara beberapa bangsa kambing perah di Timur Tengah yang paling penting adalah kambing Damaskus dan sudah merupakan kambing yang banyak dipelihara di Libanon, Syria, dan Cyprus. 
Beetal adalah kambing yang juga penting di India dan Pakistan. Kambing ini ditemui di beberapa district di Punyab India, Rawalpindi, dan Lahore di Pakistan Barat. 

Kambing Barbari fisiknya lebih kecil dibandingkan dengan Ettawa dan Beetal. Diketemukan di India bagian Utara dan Pakistan Barat.