Mengenal Kerbau Kundi, Kerbau Perah dengan Tanduk seperti Pancing

Kerbau Kundi pada mulanya diketemukan di daerah Shindi sehingga dikenal sebagai Shindi Murrah. Nama Kundi bermula dari istilah yang ditimbulkan oleh adanya bentuk tanduk kerbau ini yang mirip dengan bentuk pancing . 

Tanda-tanda kerbau Kundi : warna kulit biasanya hitam tetapi ada juga warna coklat terang, dasar tanduk tebal, mengarah kebelakang, atas dan akhirnya melengkung membentuk ukiran seperti pancing. Dahi cukup menonjol, muka cekung dengan mata kecil dan bercahaya. Bentuk badan kecil, lebih kecil dari pada Nili dan Ravi

Tubuh ternak ini pada bagian belakang massiv dan mempunyai ambing yang besar dengan vena susu menonjol dan puting besar, seragam, dan berjarak lebar. Kerbau Kundi dikenal juga sebagai kerbau putih oleh karena adanya warna putih berbentuk bintang pada dahi. 

Baca juga : 5 Kerbau Perah Terpopuler

Tanda ini menyebabkan kerbau Kundi mendapat penilaian tinggi. Bagian tracak dan bulu kipas ekor berwarna putih. Berat badan rata-rata 320 – 450 kg dan produksi susu dapat mencapai 2.000 kg dalam masa laktasi 300 hari.