Cara Merawat Sapi Dara (Belum Kawin)

Setelah sapi dara umur 12 bulan akan tumbuh baik apabila hijauan yang diberikan secara bebas dan berkualitas baik. Jadi perlu diusahakan sebelum umur 12 bulan sapi dara harus memiliki nafsu makan hijauan yang kuat, rumen sehat dan kuat. Apabila pakan yang diberikan baik, sapi dara menunjukkan birahi pertama sekitar 9-10 bulan. Adakalanya apabila pakan kurang baik sapi tidak menunjukkan birahi sampai umur 20 bulan atau lebih.

Sebelum melanjutkan membaca, alangkah baiknya membaca artikel dibawah ini:
Setelah berumur 12 bulan meskipun menunjukkan tanda birahi belum cukup umur untuk dilakukan IB. Target IB akan dilakukan pada umur 15 bulan apabila berat sudah mencapai 800-850 lb (375 kg) untuk sapi FH, dan 575-625 lb (270 kg) untuk sapi Jersey. Pencatatan reproduksi harus dilakukan mulai birahi pertama, sehingga dapat dideteksi perkiraan birahi berikutnya.

Setelah sapi umur 12 bulan dapat mengkonsumsi rumput lebih banyak dengan kualitas yang baik, pertumbuhannya juga akan lebih baik. Salah satu hambatan kualitas rumput di daerah tropis tidak akan sebaik di daerah subtropis, sehingga pakan sapi umur di atas 12 bulan perlu ditambah konsentrat sekitar 1 kg/ 100 kg berat badan/ekor/hari. Kalau jumlah hijauan yang diberikan secara bebas dan kualitasnya baik, jumlah konsentrat yang diberikan dukurangi agar sapi dara tidak terlalu gemuk.

Apabila sapi dara sudah berumur 15 bulan, beratnya sekitar 350 kg, dan mununjukkan tanda-tanda kawin, yaitu kelaminnya merah, bengkak, mengeluarkan slem, gelisah, menaiki temannya atau kalau dinaiki temannya diam (standing heat) dan tidak mau makan, maka sapi dapat dikawinkan.

Pemberian pakan beberapa bulan menjelang melahirkan.

Beberapa bulan menjelang melahirkan, pemberian pakan konsentrat ditingkatkan untuk menjaga kebuntingan. Apabila hijauan yang diberikan kurang baik, konsentrat yang diberikan sekitar 3-4 kg/ekor/hari. Apabila hijauan yang diberikan kualitasnya baik, maka konsentrat yang diberikan sekitar 2-3 kg/ekor/hari. Agar perototan sapi menjadi kuat, maka sapi bunting perlu diumbar.

Pemberian pakan beberapa mingu sebelum kelahiran
Selama 2-3 minggu sebelum melahirkan sapi dara perlu diberi pakan konsentrat lebih banyak agar kebutuhan nutrisi tercukupi sewaktu sapi melahirkan. Penambahan pemberian pakan konsentrat 2-3 minggu sebelum melahirkan disebut challenge feeding atau lead feeding. Lama kebuntingan sapi Holstein dan Jersey rata-rata 278-279 hari, Guernsey 283-284 hari dan Brown Swiss 288-290 hari.

Tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan sapi, simak
Cara Merawat Sapi Induk Laktasi dan Kering