Inilah Sapi Holstein dengan Produksi Susu Terbanyak didunia

Smurf, sapi perah jenis freisian holstein ini memecahkan rekor dunia untuk sapi dengan produksi susu terbanyak didunia. sapi itu tercatat sudah memproduksi susu sebanyak 216.891 kg susu selama lebih dari 15 tahun masa hidupnya. untuk jumlah tersebut kira kira setara lebih dari satu juta gelas susu. saat ini smurf masih berproduksi dengan baik.

Pemilik sapi tersebut bernama Eric, beliau merupakan peternak sapi perah dari La Ferme Gillete di Embrun. Eric adalah satu dari empat bersaudara yang mengelola peternakan keluarga ini. Eric saat ini mempunyai 1.200 ekor sapi dan 500 diantaranya adalah penghasil susu yang diolah menjadi keju, yoghurt, mentega dan minuman.

Gambar 1. Foto Smurf dengan anaknya.
sapi holstein pemecah rekor dunia untuk sapi dengan produksi susu terbanyak didunia


Pemilik sapi perah ini mengatakan smurf memproduksi susu 50 liter perhari, lebih besar 15 liter susu perhari dari rata rata produksi sapi perah yang dimilikinya.

Akan tetapi, saat ini Smurf hanya mempunyai satu anak betina dari sebelas anak yang dipunyainya. hal ini tentunya merugikan untuk melanjutkan tradisi sebagi penghasil susu yang baik.

Sapi holstein dengan berat 750 kg ini bukanlah sapi yang manja, walaupun produksinya tinggi tetapi pakan yang dimakan tidak dibuat khusus. smurf memakan pakan biasa yang terdiri dari suplemen jagung, alfa alfa, dan beberapa pakan sumber protein.

Smurf, ternak yang dalam usianya menginjak 16 tahun setara dengan nenek nenek usia 105 tahun yang selama hidupnya didedikasikan untuk menghasilkan susu perah terbaik.