Sapi Wagyu: Penghasil Daging Premium Untuk Pasar Kelas Atas

Sapi wagyu atau juga dikenal dengan sapi jepang mempunyai kharateristik daging yang berbeda dengan daging sapi lainnya. Daging sapi ini dikhususkan untuk pasar menengah keatas atau premium.

Saat ini sapi yang diyakini sebagai penghasil daging mahal ini banyak dikembangkan oleh negara Australia, Selandia Baru (New Zealand), Kanada dan tentunya Jepang. Permintaan daging wagyu konsumsi premium untuk dalam negeri banyak dari sektor pariwisata dan restoran khususnya di Jakarta dan Bali. Untuk pengolahannya daging ini sering digunakan untuk steak sapi wagyu.

gambar 1. foto daging sapi wagyu

Sapi wagyu di Indonesia sudah mulai dikembangkan oleh PT. Santori yang berlokasi di Lampung. Sejak tahun 2007 sudah mulai mendatangkan bakalan sapi sebanyak 200 ekor untuk penggemukan dan dipotong. Pada tahun 2011 perusahaan tersebut mulai melakukan breeding sendiri dengan mendatangkan indukan dan pejantan sapi wagyu yang didatangkan dari Australia. Indukan dan pejantan ini dikawin silangkan dengan sapi lokal yang ada di Indonesia dan juga sapi brahman.

Semua bibit ternak yang didatangkan oleh anak perusahaan dari Japfa ini didatangkan dari Australia karena negara tersenut memproduksi sapi wagyu dalam jumlah yang besar. sementara Jepang saat ini tidak mau mengekspor sapi wagyu hidup karena dianggap sebagai kekayaan genetik nasional yang harus dilindungi, terakhir Jepang mengirim sapi wagyu 20 tahun yang lalu ke Amerika.

gambar 2. foto sapi wagyu dipadang rumput

diproyeksikan pada tahun 2019 perusahaan ini akan mempunyai sapi wagyu F5 (hasil kawin silang ke 5) yang diklaim sudah murni dan dapat dikatagorikan sebagai sapi wagyu indonesia.

Harga Daging Sapi Wagyu

Harga daging sapi wagyu saat ini di jual lebih tinggi 5 kali lipat dari daging sapi biasa. jika harga daging biasa Rp.100.000 - Rp.120.000 /kg maka daging sapi ini dijual dengan harga berkisar Rp.600.000 /kg. sementara daging sapi wagyu impor saat ini dihargai sampai Rp.850.000 /kg dan yang berasal dari jepang bahkan diatas Rp. 1.000.000 /kg

Untuk harga sapi wagyu hidup saat ini berkisar Rp.18.000.000 /ekor untuk sapi bakalan.