Tata Cara Pemeliharaan Ayam Broiler

Pemeliharaan ayam broiler dapat dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan usia. pengelompokan tersebut dibagi berdasarkan umur ayam potong dengan rentang waktu satu minggu. berikut tata cara memelihara ayam pedaging berdasarkan umur

tata cara memelihara ayam broiler

Pemeliaharaan Minggu Ke 1

Pada pemeliharaan ternak ayam broiler minggu ke-1, sebelum DOC dimakan dilakukan sanitasi kandang terlebih dahulu, kemudian kandang dilapisi dengan koran. Metode selanjutnya adalah mempersiakan pakan dan minum, pakan yang diberikan pada minggu ini adalah sebanyak 20  gram per ekor per hari. Pada hari ke-3 dilakukan vaksinasi ND 1 dengan metode air minum. Pada pagi dan sore hari sebelum dilakukan vaksinasi ND 1 ayam diberi vitastress agar pada saat dilakukan vaksinasi ayam tidak mengalami stres. Pada saat penimbangan minggu ke-1 ini yang dilakukan antara lain adalah penimbangan bobot badan ayam, pengukuran panjang dan diameter shank, lingkar dada, serta panjang tulang dada.

Pemeliharaan Minggu Ke 2

Pemeliharaan minggu ke-2, waktu pemberian pakan pun tetap sama seperti minggu yang sebelumnya yaitu pagi hari pakan diberikan pada pukul 06.30 sedangkan pada sore hari pakan diberikan pukul 15.30. Pakan yang diberikan pada minggu ini yaitu sebanyak 66 gram per ekor per hari. Pada minggu ke-2 tepatnya hari ke-10 dilakukan vaksinasi Gumboro yang dilakukan dengan cara mencampurkan vaksin pada air minumnya. Pada pagi dan sore hari sebelum dilakukan vaksinasi Gumboro ayam diberi vitastress agar pada saat dilakukan vaksinasi ayam tidak mengalami stres. Ayam sebelum diberi vaksin terlebih dahulu dipuasakan dua jam sebelum pemberian. Penimbangan ke-2 dilakukan pada hari ke-14. Pada penimbangan ini yang dilakukan adalah mengukur panjang dan diameter shank. Pakan yang diberikan adalah BR1 dari Japfa Comfeed dan minum yang diberikan tetap air biasa tanpa pemberian vitamin.

Pemeliharaan Minggu Ke 3

Pada pemeliharaan minggu ke-3, koran yang melapisi kandang sudah mulai dilepas sebab ayam sudah mulai aktif bergerak dan nafsu makan tinggi. Pakan yang diberikan pada minggu ini adalah sebanyak 66 gram per ekor per hari. Pada hari ke-19 dilakukan vaksinasi ND 2 dengan metode air minum. Pada pagi dan sore hari sebelum dilakukan vaksinasi ND 2 ayam diberi vitastress agar pada saat dilakukan vaksinasi ayam tidak mengalami stres. Pada saat penimbangan minggu ke-3 ini yang dilakukan antara lain adalah penimbangan bobot badan ayam, pengukuran panjang dan diameter shank, lingkar dada, serta panjang tulang dada.

Pemeliharaan Minggu ke 4

Pada minggu keempat, bulu sudah lebat sehingga sudah tidak membutuhkan pemanas lagi. Dilakukan penambahan jatah makan dan minum, yaitu jatah makan sebesar 92 gram per ekor per hari. Nafsu makan baik, jatah yang diberikan tidak tersisa. Pada siang hari tidak usah diberi penerang, tetapi jika pakan yang diberikan tidak habis, dianjurkan untuk diberi penerangan. Pada saat penimbangan ke-4 yang dilakukan adalah penimbangan bobot badan ayam serta pengukuran panjang dan diameter shank.

Pemeliharaan Minggu ke 5

Pada minggu ke-5 dilakukan penambahan jumlah pakan menjadi sebesar 121,6 gram per ekor per hari. Ayam juga sudah mulai tumbuh dengan baik. Pada penimbangan ke-5 yang dilakukan adalah penimbangan bobot badan pengukuran panjang dan diameter shank, lingkar dada, serta panjang tulang dada.