Cara dan Proses Transaksi Di Pasar Hewan

Cara dan Proses Transaksi Di Pasar Hewan. Pembeli datang langsung ke pasar, kemudian melihat-lihat ternak yang ada, biasanya akan ada seorang blantik yang mendekati pembeli. Apabila pembeli tertarik dengan ternak yang dilihatnya maka akan terjadi tawar-menawar antara blantik dengan pembeli. Biasanya ternak baik sapi maupun kambing dan domba di ajak jalan-jalan agar bisa dilihat postur tubuhnya.

Cara dan Proses Transaksi Di Pasar Hewan

Selain biasanya diajak jalan-jalan biasanya ternak dipegang bagian perut dan pahanya. Kemudian apabila sudah terjadi kesepakatan harga, maka pembeli berjabat tangan dengan penjual dan pembeli menyerahkan uang tunai atau dapat dibayar sesuai dengan kesepakatan pada pemilik ternak lalu pemilik ternak menulisnya dalam buku catatan yang dibawanya. Setelah pembayaran selesai, ternak dilepas dari tiang pengikat lalu diangkut oleh pembeli dengan menggunakan pick up atau truk atau kendaraan lainnya.

Cara Penawaran

Cara penawaran ternak di Pasar Hewan Prambanan Klaten ada dua macam yaitu penjual atau pemilik menawarkan hewan ternaknya pada pembeli langsung, dan melalui perantara atau blantik, blantik menawarkan hewan ternak milik penjual atau pemilik kepada pembeli.

Proses Jual Beli

Penjual atau pemilik menawarkan hewan ternaknya pada pembeli apabila sudah terjadi kesepakatan harga kedua pihak akan berjabat tangan dan pembeli memberikan uang koin atau uang ribuan sebagai tanda jadi.

Cara Pembayaran

Cara pembayaran ternak di Pasar Hewan Prambanan Klaten dapat dilakukan dengan secara tunai yaitu apabila sudah terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli maka pembeli langsung menyerahkan uang secara tunai kepada penjual. Cara yang lain yaitu dengan tanda jadi, apabila sudah terjadi kesepakatan harga kedua pihak akan berjabat tangan dan pembeli memberikan uang koin atau uang ribuan sebagai tanda jadi. Dapat juga dilakukan secara kredit, apabila sudah terjadi kesepakatan harga kemudian pembeli belum mempunyai uang, maka pembayaran dapat dilakukan secara bertahap atau mengangsur. Selain itu dengan separuh harga, pembayaran dilakukan dengan membayar separuh harga terlebih dahulu dari harga sebenarnya kemudian setengahnya lagi dibayar di lain waktu sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan. 

Proses Ternak Keluar dari Pasar

Proses pengeluaran ternak dari pasar yaitu ternak dituntun dari tempat transaksi sampai ke kendaraan pengangkut (pick up atau truk) lalu ternak langsung dinaikkan ke kendaraan, apabila menggunakan motor kaki ternak diikat lalu ternak dimasukkan dikeranjang. Biaya retribusi (Pasar Hewan Prambanan Klaten) untuk ternak sapi yaitu Rp 2000,- untuk ternak yang tidak laku terjual, sedangkan Rp 4000,- untuk ternak yang laku terjual.