Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak

Strategi untuk meningkatkan konsumsi pakan oleh ternak pada kondisi pemeliharaan tradisional ialah dengan memberikan suplemen yang tersusundari kombinasi bahan ilmiah sumber protein dengan tingkatan jumlah tertentu yang secara efisien dapat mendukung pertumbuhan, perkembangan dan kegiatan mikroba secara efisiendi dalam rumen.

Cara Membuat Urea Molases Block (UMB) Untuk Pakan Ternak

Urea Molasses Block (UMB) adalah pakan tinggi protein terkonsentrasi yang mengandung sejumlah pasokan mineral dan vitamin yang diperlukan. UMB menyuplai Non Protein Nitrogen (NPN) untuk mikroba rumen tanpa risiko. Pemberian UMB memiliki fungsi  meningkatkan palatabilitas sehingga  meningkatkan asupan pakan. UMB  juga dapat memicu kenaikan berat badan, kekuatan bekerja dan produksi susu sapi, kerbau, domba dan kambing meningkat. Daya cerna dan daya serap dari roughages saja (jerami) meningkat dengan memakan UMB. UMB dapat meningkatkan nilai gizi pakan keras, betina menjadi cepat mengalami heat dan menjadi hamil, calving interval pada sapi menurun serta jika diberikan ke hewan bunting, akan didapat pedet yang kuat dan sehat saat lahir.

Suplementasi dengan Urea Molasses Block (UMB) dapat meningkatkan kecernaan pakan berserat hingga 20%, meningkatkan nutrisi yang diterima hewan dan dapat meningkatkan konsumsi pakan sebanyak 25 sampai 30%. Apabila ada yang sumber protein dengan kualitas yang baik seperti cottonseed cake atau nougseed cake ditambahkan ke blok, hewan akan tumbuh lebih cepat. Hewanjuga akan diuntungkan jika bahan pakan lain seperti vitamin, mineral, obat-obatan, dan lain-lain ditambahkan keblok.

Urea Molasses Block dapat diproduksi di farm.Pembuatan cukup mudah dan sederhana dan ada proses yang berbedayang dapat digunakan sesuai dengan kondisi setempat. Proses pembuatan dapat dibagi menjadi empat tahap yakni,

  • persiapan komponen
  • mixing
  • molding
  • drying
Analisis kimia menunjukkan bahwa blok mengandung bahan kering tinggi, 11 sampai 16% protein kasar dan 72 sampai 75 % ekstrak nitrogen bebas berdasarkan DM basis. Pakan blok kaya nutrisi kemudian dapat disiapkan dan digunakan dalam strategi pakan ruminansia.

Kebutuhan pakan untuk penggemukan sapi potong dapat dipenuhi dengan pakan hijauan (sebagai pakan utama) dan konsentrat (sebagai pakan penguat) dan UMB (sebagai pakan suplemen) yang bermanfaat untuk ternak untuk melengkapi zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh sehingga komposisi seimbang untuk produksi secara optimal

Cara Membuat Urea Molases Block

Alat yang digunakan pada Membuat Urea Molases Block adalah timbangan, nampan, kompor, cetakan UMB, dan pemukul. sedangkan bahan yang digunakan  adalah bekatul, pollard, bungkil kedelai, premix ruminansia, molasses, jagung giling, konsentrat itik dan urea.

Pembuatan UMB menggunakan metode hangat. Metode hangat dilakukan dengan cara menimbang bahan-bahan pengisi sesuai formulasi kemudian dicampur secara rata (mixing) menggunakan tangan. Molasses dipanaskan dahulu kemudiandimasukkan sedikit demi sedikit dan diaduk-aduk hingga rata selanjutnya bahan-bahan yang sudah tercampur tersebut dicetak dengan silinder (alat pencetak UMB) kemudian dikeluarkan.