Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Untuk Sapi, Kambing dan Domba

Pemilihan bibit bakalan ternak ruminansia seperti sapi, kambing dan domba tidak boleh dilakukan asal - asalan. harus ada kriteria khusus yang dipertimbangkan dalam pemilihan bibit tersebut sesuai dengan tujuan beternak anda seperti untuk penggemukan, indukan ataupun untuk dikembang biakkan.
pemilihan bibit bakalan ternak

berikut ini adalah cara memilih bakalan dihimpun dari pengamatan di beberapa pasar hewan untuk sapi, kambing dan domba yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu :

Kriteria Bibit dan Bakalan untuk Sapi Indukan

kriteria bibit yang mau digunakan untuk sapi indukan antara lain pinggul besar, ambing besar, puting simetris, BCS 3, mothering ability baik, postur tubuh besar dan tidak cacat. Rianto et al (2010) menyatakan bahwa secara keseluruhan, betina yang akan digunakan sebagai induk harus memenuhi kriteria sebagai berikut bersifat tahunan, yaitu mampu beranak setiap tahun, badan tegap, sehat, dan tidak cacat, tulang pinggul dan ambingnya berukuran besar, lubang pusar agak dalam, tinggi gumba sekitar 135 cm dengan bobot badan lebih dari 300 kg. Faktor-faktor yag harus diperhatikan dalam seleksi induk adalah kesehatan, efisiensi reproduksi, dan individualitas. Segi kesehatan ternak yang digunakan sebagai induk harus sehat dan bebas penyakit.

Kriteria Bibit untuk Sapi Penggemukan

Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa kriteria bibit yang mau digunakan untuk sapi pembesaran antara lain yaitu umur kurang dari 1 tahun, postur tubuh baik, ternak sehat, nafsu makan baik, kaki kuat, bulu bersih, dan mata bersinar. Sapi untuk pembesaran umur 7 sampai 12 bulan, karena hasil akhir yang dari usaha pembesaran yaitu untuk pedet jantan untuk menghasilkan sapi bakalan untuk penggemukkan, dan untuk pedet betina menghasilkan sapi betina calon induk.

Kriteria Bakalan untuk Sapi Penggemukan

kriteria bakalan yang mau digunakan untuk sapi penggemukan antara lain yaitu nafsu makan tinggi, umur 1 sampai 2 tahun, BCS 2 sampai 3, postur tubuh tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus, badan tegak lurus, moncong lebar dan besar. Bakalan  merupakan faktor yang penting, karena sangat menentukan hasil akhir usaha penggemukan. 

Kriteria Pemilihan Bibit Bakalan Kambing dan Domba

kriteria pemilihan bibit untuk kambing atau domba antara lain sehat, badan tegak lurus, dan lincah. Tujuan pemilihan bibit bakalan kambing atau domba biasanya digunakan untuk acara Hari Raya Idul Kurban, dan acara Aqiqah. kriteria bibit untuk kambing atau domba yaitu ukuran badan besar, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lebar, rambut bersih dan mengkila, keempat kakinya lurus dan terlihat kokoh serta tumit tinggi, tidak ada cacat di bagian tubuhnya, misalnya di telinga, mulut, ekor, atau hidung. Selain itu, mata tidak rabun atau buta yang dapat dicek dengan mendekatkan jari pada mata. Kalau tidak ada kedipan, berarti ternak tersebut buta atau rabun; bentuk dan ukuran alat kelamin normal, ambingnya tidak terlalu menggantung, isinya kenyal, tidak terinfeksi, dan putting susu berjumlah dua dengan ukuran dan posisi simetris, umur lebih dari 1 tahun dan telah birahi sebelum umur 1 tahun. Mempunyai sifat keibuan yang terlihat dari jinaknya ternak dan sorot matanya yang ramah.

Mungkin ada beberapa hal yang anda tidak setujui dalam pemilihan bibit bakalan, karena ada beberapa perbedaan pada manusia untuk memilih. demikianlah artikel pemilihan bibit bakalan untuk ternak ruminansia.