5 Cara Menyusun Ransum Pakan Ternak

Ransum adalah makanan yang diberikan pada ternak tertentu selama 24 jam, pemberiannya dapat dilakukan sekali atau beberapa kali dalam 24 jam. Ransum lengkap (complete feed) merupakan pakan tunggal hasil pencampuran bahan-bahan pakan yang telah diproses untuk menghindari seleksi pakan oleh ternak. Sedangkan Ransum sempurna adalah kombinasi beberapa bahan makanan yang bila dikonsumsi secara normal dapat mensuplai zat-zat makanan kepada ternak dalam perbandingan, jumlah, bentuk sedemikian rupa sehingga fungsi-fungsi fisiologis dalam tubuh dapat berjalan dengan normal. Dalam ransum sempurna ekonomis, faktor-faktor ekonomi termasuk pertimbangan bagi penyusun ransum. penyusunan ransum dapat diaplikasikan pada berbagai jenis ternak ruminansia, non ruminansia (monogastrik) dan unggas seperti sapi, kerbau, kambing, domba, ayam, bebek / itik, puyuh dll.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa ternak akan melakukan seleksi pada pakan yang diberikan dan dengan ransum lengkap. Semua bahan pakan akan menjadi satu dan mempunyai kandungan nutrien yang sama pada setiap bagiannya. Sehingga seleksi oleh ternak dapat dikurangi. Ransum lengkap juga membantu dalam penyediaan bahan pakan yang seimbang untuk ruminansia dengan menggunakan bahan lokal seperti limbah pertanian, sisa industri pertanian dan limbah ternak. Hal-hal yang dibutuhkan dalam menyusun satu ransum adalah
  • pengetahuan tentang zat-zat makanan ternak yang bersangkutan (feeding standard)
  • pengetahuan tentang komposisi kimia
  • menghitung dan merangkum bahan makanan.  

Secara garis besar ada lima macam metode penyusun ransum, yaitu:

  1. trial and error method
  2. pearsons square method
  3. exact method
  4. simultaneous equation method
  5. linear programing method.

Trial and error

Metode ini mempunyai dua langkah awal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melangkah lebih lanjut yaitu memilih bahan pakan yang akan digunakan dari bahan pakan yang tersedia dan mencari data untuk mengetahui kandungan nutrien penyusun masing-masing bahan pakan yang telah terpilih, selanjutnya menyusun dan menghitung berulang kali kandungan nutrien yang sesuai ataupun yang dikehendaki. Trial and error method bila ditinjau dari cara perhitungannya merupakan metode yang kurang praktis, apalagi mereka yang tidak berkecimpung dalam penyusunan ransum akan mendapatkan kesulitan.

Pearsons square

Merupakan metode yang sederhana dan yang hanya digunakan untuk membuat campuran yang hanya terdiri dari dua macam bahan pakan. Kedua bahan pakan tersebut yang berbeda hanya kadar satu macam nutrien. Hasil campurannya mempunyai kadar nutrien diantara kadar dari kedua bahan pakan tersebut. Jadi metode ini misalnya hanya untuk menentukan PK saja, untuk ME saja, untuk satu macam mineral atau satu macam vitamin dari campuran yang tersusun dari dua macam bahan pakan.

Exact

Metode ini lebih praktis digunakan untuk menyusun ransum ternak ruminansia, walaupun dapat pula digunakan untuk ternak non ruminansia. Pada penggunaan metode ini harus diketahui adanya beberapa ketentuan terlebih dahulu, yaitu meliputi jumlah nutrien yang dibutuhkan ternak sesuai dengan bobot kadarnya, macam dan kandungan nutrien bahan pakan yang akan digunakan untuk menyusun ransum, jumlah pakan hijauan untuk memenuhi semua TDN (total digestible nutrient) yang dibutuhkan, jumlah konsentrat untuk memenuhi sebagian dari pakan hijauan, dan pengujian kendungan nutrien ransum.

Simultaneous equation

Metode ini disebut pula dengan nama persamaan aljabar. Digunakan XY (aljabar) karena ada dua hal yang belum diketahui dan yang akan dicari, misalnya PK (X%) dan ME (Y mcal/kg). Disamping itu bahan pakan yang akan digunakan adalah lebih dari dua macam.

Linear programing

Metode ini merupakan penjabaran dari simultaneous equation method yang biasanya dilakukan dengan bantuan komputer. Metode ini menggunakan berbagai macam bahan pakan dan menggunakan berbagai macam faktor pembatas. Keunggulan dari metode ini, yaitu efektif, efisien dalam waktu dan keakuratan tinggi.

1 komentar :

Kamari Ick

kalo bisa bahas juga dengan proses pembuatannya, jangan cuma metodenya saja, trim's....