Jenis, Cara Merawat dan Harga kucing Persia

Kucing Persia adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat diidamkan banyak orang. Apalagi sebagian dari mereka rela untuk mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mendapatkan kucing ini. Selain itu, biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk perawatan pada kucing ras ini juga terbilang sangat mahal bila dibandingkan dengan ras lainnya. Sebelum anda memutuskan untuk memelihara kucing ini, sebaiknya kenali dulu karakter dan jenis kucing ini. Hal ini akan memudahkan bagi anda untuk menentukan perawatan terbaik yang dibutuhkan bagi kucing ini. Apalagi secara fisik, kucing ras ini sangat berbeda dan memiliki karakteristik yang menyenangkan. Secara fisik, kucing persia memiliki bentuk seluruh tubuh yang besar. Bahkan, sebagian dari pemelihara menganggap bahwa kucing ini sangat gemuk dan berpotensi obesitas. Padahal, karakter dari fisik kucing persia memang sangat tambun.

Karakter fisik yang sangat terlihat dengan kasat mata pada kucing ras Persia adalah bagian hidung yang pesek dan memiliki wajah bulat. Bentuk fisik seperti ini dianggap sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi bagian bulu dari kucing ini juga sangat lebat dengan ukuran yang cukup panjang. Pada bagian dahi dan dagu cenderung datar dan membuat permukaan seluruh bagian wajah terlihat sangat menggemaskan. Beberapa dari kucing persia memiliki sifat manja yang sangat berlebihan. Bahkan, ada juga kucing seperti ini yang selalu ingin berada di sekitar pemiliknya. Sehingga tak jarang banyak pemilik kucing persia yang tidak rela meninggalkan dalam waktu yang cukup lama saat bepergian. Saat ini sudah banyak dilakukan persilangan antara kucing persia dengan ras lainnya. Sehingga anda akan mendapatkan karakter fisik yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan ras asli. Sebagian hasil silang kucing ras ini bisa tampil dengan berat badan yang cukup ramping, hidung mancung hingga bulu yang lebih tebal.

Jenis kucing persia

Sebaiknya anda harus mengetahui beberapa info tentang kucing ras Persia. Informasi seperti ini akan memudahkan anda untuk menentukan pilihan ras yang akan dipelihara dalam waktu yang cukup lama. Beberapa jenis kucing persia terdiri dari:
  • kucing persia flatnose
  • kucing persia medium
  • kucing persia peaknose
  • kucing persia persilangan ( kucing persia himalayan, dll)
Kucing persia flatnose atau memiliki hidung pesek
Jenis kucing persia ini memiliki hidung pesek dan tubuh sangat besar. Beberapa orang menganggap bahwa jenis ini adalah indukan awal dari kucing persia. Bahkan, wajah bulat pada kucing ini tampil sangat menggemaskan.

Kucing persia medium yang memiliki bentuk tubuh standar
Kucing ini biasa disebut dengan persia peranakan. Bentuk tubuh standar dan tidak terlalu gemuk akan memberikan penampilan yang lebih baik.

Kucing persia peaknose dengan hidung sangat pesek
Jenis persia ini memiliki hidung yang lebih pesek dibandingkan jenis lainnya. Namun, banyak orang lebih senang memelihara jenis ini. Apalagi bentuk tubuh yang lebih besar membuat penampilan kucing terlihat sangat menarik.

Persia himalaya hasil persilangan
Kucing persia seperti ini adalah hasil kawin campur dengan ras Siam. Karakter dari kucing ini sebenarnya hampir sama dengan persia lainnya. Namun, penampilan seluruh bagian bulu terlihat lebih bagus karena memiliki karakter seperti bulu Siam.

Cara sederhana merawat kucing persia

Tentu saja anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menerapkan perawatan pada kucing ras Persia. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah pembersihan bulu kucing persia hampir setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerontokan bulu dan membuat penampilan bulu menjadi lebih baik. Selain itu, pola pemberian makanan dan jenis pakan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan usia dan karakter fisik dari persia.

Harga Kucing Persia di Pasaran

Jika berbicara mengenai harga kucing, mungkin info yang satu ini bisa dijadikan pedoman untuk menentukan harga pasaran. sumber informasi saya berasal dari beberapa pet shop. Berikut ini adalah harga kucing persia yang dicantumkan disana :

Daftar Harga Kucing Persia Ras Asli (Pure Breed)
Umur 3 bulan - Rp. 6.000.000 s.d 8.000.000
Umur 6 bulan - Rp. 6.000.000 s.d 12.000.000

Daftar Harga Kucing Persia Flatnose
Umur 3 bulan - Rp. 2.000.000 s.d 3.000.000
Umur 6 bulan - Rp. 3.000.000 s.d 5.000.000

Daftar Harga Kucing Persia Peaknose
Umur 3 bulan - Rp. 4.000.000 s.d 5.000.000
Umur 6 bulan - Rp. 5.000.000 s.d 10.000.000

Daftar Harga Kucing Persia Medium
Umur 3 bulan - Rp. 600.000 s.d 700.000
Umur 6 bulan -Rp. 1.000.000 s.d 2. 800.000

Daftar Harga Kucing Persia Hasil Perkawinan dengan Kucing Anggora atau Himalaya
Umur 3 bulan - Rp. 600.000 - 700.000
Umur 6 bulan - Rp. 1.000.000 s.d 2. 800.000

Daftar Harga Kucing Persia Hasil Perkawinan dengan Kucing Lokal
Umur 3 bulan - Rp. 200.000 s.d 250.000
Umur 6 bulan - Rp. 600.000 - 700.000