Karakter Cerdas Kucing Persia Himalaya & perawatannya

Kucing Persia Himalaya merupakan salah satu dari kucing yang sangat digemari penyayang binatang. Kucing yang berasal dari persilangan antara Persia dan Siamese ini memiliki warna mata yang sangat indah. Bentuk tubuh pada kucing ini cukup besar, gemuk dan memiliki ukuran kaki yang cukup pendek. Hal ini tentu saja akan menyulitkan untuk melompat atau berlari dalam jarak yang jauh. Namun, persilangan antara dua ras kucing juga memberikan pilihan Persia Himalaya yang memiliki tubuh cukup langsing seperti Siamese.

Kucing yang memiliki ukuran seperti Siamese bisa melompat hingga ketinggian yang cukup baik. Tentu saja masing-masing dari perbedaan ukuran tubuh pada kucing ras ini akan memberikan perilaku berbeda. Biasanya pada kucing Persia Himalaya yang memiliki tubuh cukup gemuk cenderung lebih pasif dan memiliki sifat manja pada orang-orang di sekitar. Namun, pada kucing Persia Himalaya yang memiliki tubuh lebih langsung akan lebih aktif.

Kepribadian pada Kucing ras Persia Himalaya juga merupakan hasil dari persilangan antara dua ras. Anda bisa memperhatikan bahwa kucing ras seperti ini ada yang tampil sangat aktif dan sangat senang bermain dengan berbagai objek di sekitar. Bahkan, tingkat kecerdasan dari sebagian ras Persia Himalaya seperti ini lebih baik dibandingkan dengan kucing ras lainnya. Tingkah laku yang sangat lembut juga menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menjadikan ras Persia Himalaya ini sebagai pilihan terbaik. Apalagi sebagian dari kucing ini juga cukup komunikatif dengan beberapa bahasa isyarat atau perintah sederhana. Tentu saja hal ini dilakukan dengan menerapkan latihan berkala. Hal penting yang harus Anda pertimbangkan lagi adalah kucing ras ini memiliki tingkat kesetiaan yang sangat tinggi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir bila menempatkan kucing ras ini di luar ruangan.

Karakter fisik Kucing Persia Himalaya

Ukuran tubuh Kucing Persia Himalaya yang cukup besar akan memberikan pengaruh terhadap kondisi tubuh dan bulu. Bahkan, sebagian dari kucing seperti ini juga memiliki beberapa bentuk wajah berbeda. Menurut sebagian dari ahli, Persia Himalaya terbagi beberapa jenis atas dasar bentuk wajah. Anda akan mengenal Himalayan Doll Face yang memiliki wajah tidak terlalu datar atau pesek dan Himalayan Ultra Face yang cenderung memiliki wajah sangat datar bahkan terlalu pesek. Seluruh bulu bagian tubuh utama pada kucing ini memiliki ukuran yang cukup panjang. Bahkan, panjang dari bulu ini hingga 3 cm. Ukuran ini tentu lebih panjang dibandingkan dengan ras persia biasa. Bulu yang cukup panjang seperti ini akan membutuhkan perawatan yang sangat baik. Namun, sebagian dari kucing ras ini memiliki ukuran kaki yang tidak terlalu panjang. Sehingga sebagian dari mereka terlihat sulit untuk berjalan hingga berlari akibat bobot tubuh yang sangat berat.

Perawatan untuk Kucing Persia Himalaya

Anda harus memberikan waktu yang sangat banyak untuk merawat Kucing ras Persia Himalaya. Apalagi kesehatan pada kucing ras ini juga berbeda dibandingkan dengan ras lainnya. Persia Himalaya dianggap sebagai salah satu kucing yang tidak mudah terserang oleh penyakit yang berasal dari luar tubuh. Namun, kucing seperti ini masih membawa penyakit yang berasal dari persilangan ras seperti polycystic kidney disease (PKD). Penyakit ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan ginjal akibat kista. Untuk menghindari timbulnya penyakit ini, sebaiknya anda selalu memberikan air jernih dan bukan air mentah yang berasal dari keran. Selain itu, pilih pakan yang berasal dari bahan organik atau melalui proses memasak. Perawatan bulu sederhana seperti tidak menempatkan kucing ini di ruang lembab. Anda juga harus membersihkan seluruh bagian bulu kucing ini dengan sisir khusus selama 2 minggu sekali.