Karakteristik Kucing Scotish fold & masalah kesehatan

Kucing Scotish fold berasal dari Skotlandia dan memiliki bentuk fisik yang sangat unik. Kucing yang termasuk dalam ras alami ini dianggap telah mengalami perubahan genetik. Perubahan alami ini terjadi pada seluruh bagian tulang rawan, seperti bagian telinga yang terlipat ke arah depan. Namun, tidak seluruh ras kucing ini yang mengalami perubahan genetik. Sebagian dari kucing ras ini juga memiliki bentuk telinga sama seperti kucing biasanya. Bentuk bagian tulang rawan pada telinga yang sangat unik ini membuat sebagian orang menganggap bahwa kucing ini memiliki wajah hampir mirip seperti burung hantu.


Perubahan genetik yang dialami kucing ini tidak akan memberikan pengaruh buruk pada seluruh bagian tubuh. Bahkan, ukuran badan dari ras ini termasuk dalam medium karena tidak terlalu besar. Berat normal pada usia dewasa pada kucing jantan ini antara 4 kg hingga 6 kg. Namun, bagi kucing betina berat badan normal untuk usia dewasa sekitar 2,7 kg hingga 4 kg.

Karakter fisik dari Kucing ras Scotish fold memiliki bentuk kepala yang bulat simetris serta mata yang cukup besar. Selain itu, ukuran leher dan kaki yang cukup pendek dibandingkan dengan ras lainnya membuat kucing ini terlihat menggemaskan. Sama seperti beberapa kucing persia & peliharaan lainnya, kucing ras ini memiliki bentuk hidung yang cukup pesek. Ukuran tubuh yang tidak terlalu gemuk juga akan disesuaikan dengan kondisi bulu yang sangat baik. Apalagi kucing ras ini memiliki dua jenis bulu yang akan anda sering temui. Ras Scotish Fold memiliki piliha dominasi bulu panjang dan bulu pendek. Namun, beberapa breeder mencoba untuk mengkombinasikan antara kedua jenis bulu ini. Kombinasi bulu panjang dan pendek untuk Scotish Fold dianggap akan memberikan penampilan yang lebih baik. Apalagi bentuk fisik pada telinga yang terlipat juga mempengaruhi nilai dari kucing ras ini.

Kepribadian dan sifat Kucing Scotish fold

Penampilan yang unik pada Kucing ras Scotish fold juga didukung dengan sifat ramah dan sangat tenang. Bahkan, kucing ras ini cenderung tidak hiperaktif dengan beberapa orang yang berada di sekitarnya. Namun, kecerdasan yang cukup tinggi pada ras ini memudahkan anda untuk menerapkan latihan sederhana. Selain itu, kucing ini juga tidak terlalu cerewet dibandingkan dengan ras lainnya. Beberapa pemilik mengungkapkan bahwa ras Scotish Fold memiliki suara yang sangat lembut. Hal unik yang akan menjadi pertimbangan bagi anda adalah Scotish Fold dianggap sebagai salah satu kucing ras yang tidak bisa mendengkur. Bahkan, pada saat tidur, kucing ini bisa dalam keadaan terlentang. Tentu saja penampilan ini akan menjadi hiburan bagi Anda di rumah. Sebaiknya anda menawarkan banyak perlengkapan mainan untuk memberikan waktu bermain yang lebih banyak untuk kucing ini.

Masalah kesehatan dan cara merawat untuk Scotish fold

Beberapa hal penting yang berkaitan dengan masalah kesehatan pada Kucing ras Scotish fold akan mempengaruhi seluruh pola hidup. Apalagi Scotish Fold dianggap sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh kucing ini seperti Ginjal Polikistik atau pertumbuhan kista pada ginjal. Bahkan, kucing ini juga bisa mengalami kelainan jantung. Untuk menghindari berbagai penyakit itu, anda harus memberikan perawatan yang lebih baik. Pemberian nutrisi yang baik untuk kucing sebaiknya melibatkan makanan organik. Namun, perhitungan porsi yang diberikan sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Selain itu, kondisi sekitar pada lingkungan kucing ini harus tampak bersih dan nyaman. Hal ini untuk menghindari kerontokan bulu serius. Apalagi usia hidup yang dimiliki kucing ini bisa mencapai 15 tahun. Hal ini menandakan bahwa perawatan yang sangat baik akan menambah panjang usia dari Scotish Fold.