Kenali karakter sifat & fisik kucing Peter Bald

Kucing Peter Bald adalah salah satu kucing yang memilik bulu sangat sedikit. Bahkan, sebagian ras kucing ini kadang terlihat tidak memiliki bulu sama sekali. Kucing yang berasal dari Rusia ini juga memiliki ekor yang cukup panjang dibandingkan dengan ras lainnya. Penampilan yang tidak terlalu banyak bulu membuat pemelihara harus melakukan perawatan dengan sangat baik. Bahkan, bila anda ingin menjadikan kucing ini sebagai pilihan utama sebaiknya kondisi lingkungan sekitar juga harus mendukung. Apalagi kucing ini harus menghindari banyak bakteri dan jamur yang mudah menempel pada bagian tubuh. Karakter fisik yang jarang dimiliki ras lainnya adalah kaki yang terlihat seperti berselaput.

Menurut beberapa pengamat dan ahli hewan, kaki seperti ini akan memudahkan mereka untuk melompat atau memanjat objek yang cukup tinggi. Selain itu, bentuk tubuh dan bobot pada kucing ini juga tidak terlalu gemuk. Sehingga mereka lebih mudah untuk melakukan pergerakan.

Kucing ras Peter Bald juga memiliki cakar yang berbeda bentuk. Anda bisa menemukan cakar yang berbentuk oval pada kucing ini. Cakar ini memiliki fungsi untuk menahan beban tubuh saat kucing ini melompat atau berlari ke arah objek yang lebih tinggi. Namun, sebagian dari kucing ini juga menggunakan cakar ini untuk mengunci mangsa agar tidak mudah kabur. Bentuk cakar yang cukup unik ini akan membuat anda harus menerapkan perawatan tambahan. Apalagi kebersihan dan ukuran panjang cakar ini dianggap memberikan pengaruh pada kesehatan kucing ras ini. Tentu saja anda tidak ingin mendapatkan luka yang cukup banyak akibat cakaran dari ras ini. Hal penting yang harus diketahui adalah kucing ras ini hampir memiliki seluruh varian warna secara umum. Meskipun seluruh bagian tubuh hanya ditutupi bulu yang cukup tipis, namun hal ini tidak menjadi penghalang untuk tampil dengan warna berbeda.

Karakteristik kucing Peter Bald

Sama seperti kebanyakan lainnya, kucing ras Peter Bald memiliki sifat penyayang dan mudah beradaptasi dengan orang baru yang berada di sekitarnya, hampir sama dengan kucing persia. Bahkan, kucing ini termasuk dalam ras ramah dan penyayang. Namun, rasa keinginan tahu yang cukup tinggi membuat kucing ini cenderung hiperaktif. Sehingga sebagian dari ras ini selalu berlari mengelilingi tempat baru untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Loyalitas tinggi juga menjadi hal terbaik dari kucing ras ini. Bahkan, beberapa kucing ini juga selalu mengikuti majikannya saat hendak bepergian.  Hal ini yang membuat banyak pemelihara menempatkan ras ini di dalam ruangan. Bahkan, bentuk kuku atau cakar yang sangat unik pada ras ini bisa digunakan untuk melakukan beberapa hal seperti membuka pintu. Tentu saja tindakan ini bisa anda dapatkan setelah menerapkan latihan ringat pada ras ini.


Masalah kesehatan dan cara perawatan kucing Peter Bald

Masalah kesehatan pada kucing ras Peter Bald berasal dari latar belakang indukannya. Menurut beberapa dokter hewan, kucing ras ini memiliki masalah penyakit serius seperti feline ectodermal dysplasia. Penyakit ini bisa mempengaruhi dan mengganggu pertumbuhan gigi. Tentu saja sebelum anda memutuskan untuk memelihara kucing ras in, sebaiknya harus berkonsultasi kepada dokter hewan untuk mendapatkan perawatan intensif. Selain itu, perawatan sederhana pada kuku dan bulu untuk kucing ini juga harus menjadi perhatian utama. Apalagi bulu yang cukup tipis pada kucing ini membutuhkan perhatian khusus. Anda bisa menaburkan bedak khusus bulu kucing untuk menjaga kelembaban kulit sehingga mengurangi kerontokan bulu. Selama seminggu sekali, anda juga harus menghilangkan bulu yang rontok dengan sisir khusus.