Kepribadian Kucing ras Savannah & cara merawatnya

Kucing Savannah adalah salah satu dari sekian banyak kucing ras yang sangat terkenal di Amerika maupun Indonesia. Kepopuleran kucing ini dikarenakan masuk dalam rekor kucing terpanjang di dunia versi Guinness World Records. Panjang maksimal dari kucing ini mencapai 44 centimeter atau sekitar setengah meter. Kucing ini merupakan hasil persilangan antar kucing liar Serval dari benua Afrika dengan kucing ras Siamese dan Egyptian Mau.


Latar belakang nenek moyang yang sangat liar membuat penampilan fisik secara menyeluruh pada kucing ini terlihat sangat buas. Namun, anda jangan tertipu oleh penampilan karena kucing ini termasuk dalam ras yang ramah dan sangat baik. Kombinasi warna bulu pada kucing ras ini sama seperti macan tutul. Namun, beberapa kucing yang masuk dalam generasi baru juga mendapatkan warna bercak gelap baru. Ukuran panjang tubuh pada kucing ini diikuti dengan bobot badan yang cukup besar.

Karakteristik fisik Kucing Savannah

Kucing ras Savannah memiliki bentuk tubuh yang cukup berbeda dibandingkan dengan kucing ras rumahan lainnya. Bercak gelap dengan beberapa kombinasi seperti macan tutul membuat penampilan liar dan buas pada seluruh bagian bulu. Tubuh yang cukup besar juga diikuti dengan tinggi badan yang proposional. Telinga pada kucing ras ini memiliki bentuk segitiga lancip. Latar belakang nenek moyang yang berasal dari kehidupan liar memberikan pendengaran yang cukup tajam melalui telinga itu. Hal ini yang membuat kucing ras ini selalu waspada terhadap bunyi baru yang berasal dari lingkungan sekitar. Tubuh kucing ini sangat lentur dibandingkan dengan ras lainnya. Sehingga anda bisa melihat bahwa kucing ini bisa melompat hingga ketinggian 2,5 meter pada objek yang berada di sekitar. Apalagi dukungan kakinya yang cukup panjang mendukung pergerakan lincah pada seluruh bagian.

Sifat dan kepribadian dari Kucing Savannah

Penampilan yang cukup liar pada Kucing ras Savannah akan memberikan kesan agresif. Namun, pada kenyataannya ras ini sangat ramah dan sangat ingin diperhatikan oleh orang yang berada di sekitarnya. Memang rasa ingin tahu yang cukup tinggi membuat pergerakan kucing ini cukup lincah. Tentu saja rasa ingin tahu itu tidak membuat kucing ini bersikap agresif. Bahkan, sebagian dari kucing ini juga gampang bersosialiasi dengan binatang peliharaan lainnya seperti anjing. Kecerdasan yang cukup tinggi dan sikap penurut membuat kucing ras ini bisa dilatih dengan sangat baik. Sehingga anda juga bisa menerapkan latihan sederhana dengan gaya tertentu, seperti membungkuk, membuka pintu, atau lainnya. Beberapa orang yang pernah memelihara kucing ini mengungkapkan bahwa kesetiaanya pada ras Savannah hampir sama seperti yang dimiliki anjing ras. Hal ini membuat kucing itu akan selalu mengikuti kemanapun anda beranjak pergi. Komunikasi yang paling sering diberikan kucing ini saat ingin mengungkapkan rasa senang. Ras Savannah akan selalu mengibaskan ekornya yang indah dengan waktu yang sangat lama.

Perawatan sederhana untuk Kucing Savannah

Tentu saja Kucing ras Savannah akan membutuhkan perawatan yang sangat baik. Biasanya perawatan ini akan melibatkan perhitungan porsi makanan dan jenis pakan yang akan diberikan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan yang berada di sekitar kucing ini. Jangan tempatkan kandang atau tempat tidur pada ras Savannah di ruangan yang sangat lembab. Hal ini akan mempengaruhi kondisi bulu dan tubuh pada kucing ini. Selain itu, anda bisa memberikan bedak khusus pada seluruh bagian tubuh kucing ini untuk menghindari kerontokan bulu. Lakukan pembersihan bulu yang rontok dengan sisir khusus setiap hari seperti perawatan pada kucing persia.