Kucing Manx : Kucing Tanpa Ekor yang Harganya Selangit

Kucing Manx adalah salah satu dari kucing yang sangat unik. Kucing ini memiliki bentuk fisik berbeda dibandingkan dengan ras lainnya, yaitu tidak memiliki ekor sama sekali. Bila memiliki ekor, biasanya ukuran dari ekor itu sangat pendek. Ras yang berasal dari Britania Raya ini termasuk dalam kucing tertua yang memiliki sertifikat dari CFA atau Cat Fanciers Association. Karakter fisik yang sangat berbeda pada ras lainnya bisa dilihat dari ukuran tubuh.


Kucing ini tergolong lebih pendek dan memiliki ukuran kaki belakang yang lebih panjang dibanding kaki depan. Sehingga hal ini membuat pinggul dari ras Manx ini terlihat lebih tinggi. Bahkan, sebagian dari pecinta kucing menganggap ras ini seperti kelinci. Bentuk tubuh dan keunikan dari karakter fisik ini menjadikan kucing ini sebagai salah satu dari ras termahal di dunia. Bahkan, tidak sedikit kolektor di seluruh dunia memburu dengan segala cara. Hal ini yang membuat kucing ini juga banyak mendapatkan perlindungan dari pecinta hewan.

Terlepas dari bentuk yang unik, Kucing ras Manx sangat senang bermain dan cenderung aktif bila berada di dekat manusia. Bahkan, beberapa waktu kucing ini sangat mudah melakukan loncatan yang sangat tinggi. Apalagi ukuran kaki belakang yang cukup panjang memudahkan kucing ini melalukan lompatan itu. Loyalitas yang dimiliki ras Manx sangat disenangi oleh banyak orang seperti kucing persia. Hal ini yang membuat kucing ini sering disebut sebagai One Person Cat. Bila kucing ras ini sudah termasuk dalam salah satu bagian keluarga pemelihara, maka akan sulit untuk menjadi bagian dari pemelihara lainnya. Loyalitas ini menjadi pertimbangan yang sangat baik bagi Anda untuk menjadikan ras Manx sebagai pilihan kucing utama. Kadang-kadang, sisi tempramental dari kucing ini keluar saat mengalami tekanan atau merasa terancam. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang untuk memberikan teman bagi ras Manx. Biasanya beberapa pemelihara kucing ras ini juga menempatkan anjing ras sebagai teman dan hidup berdampingan.

Karakter fisik dari Kucing Manx

Bentuk fisik dari Kucing ras Manx yang unik juga mempengaruhi pertumbuhan dewasa. Ukuran tubuh yang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan ras lainnya juga membuat bentuk badan kucing ini sangat unik. Tulang punggung dari kucing ini terlihat seperti melengkung karena bagian kaki belakang memiliki ukuran yang lebih panjang. Selain itu, bagian kepala dari kucing ini cenderung bundar dan memiliki kedua pipi yang sangat menonjol. Kucing ini memiliki warna bulu yang tidak senada dengan bagian mata. Biasanya seluruh bagian bulu pada kucing ini terbagi atas dua lapis yaitu lapisan pendek dan sangat tebal. Sebagian dari kucing ini memang tidak memiliki ekor. Namun, ada juga sebagian kucing ras ini yang memiliki ekor. Bagian ekor pada kucing ini terdiri dari ekor dengan pangkal saja atau sering disebut rumpy riser, kemudian ekor dengan panjang parsial atau stumpy dan ekor normal atau Longy.

Perawatan sederhana untuk Kucing Manx

Saat anda memutuskan untuk memelihara Kucing ras Manx, sebaiknya terapkan perawatan sederhana dan sangat dibutuhkan pada kucing ini. Bentuk tubuh yang unik akan membutuhkan pola makanan yang berbeda. Anda bisa memberikan jenis pakan yang mengandung banyak protein untuk kucing ini. Apalagi jenis makanan ini juga sangat baik pada pertumbuhan tulang kucing, khususnya bagian kaki belakang. Perawatan lainnya adalah pembersihan bulu pada seluruh bagian tubuh. Selama jangka waktu 2 minggu sekali, mungkin anda bisa membersihkan bulu yang rontok dengan sisir khusus. Hal ini juga mencegah bakteri mudah menempel pada bagian kulit terluar kucing Manx.