3 Cara Sederhana Merawat Anak Bebek (DOD) yang Baru Menetas

Pada kesempatan kali ini www.agrinak.com akan dibagikan tips cara merawat anak bebek. Untuk Anda yang tergiur menekuni budidaya pembesaran bebek pedaging, tips berikut ini penting untuk Anda simak. Peluang usaha yang satu ini cukup menggiurkan dengan prospek yang cukup bagus. 

Bagaimana tidak, permintaan pasar akan daging unggas yang satu ini semakin tinggi di pasaran. Pola peternakan yang diterapkan untuk budidaya unggas ini sebaiknya adalah pola organik sehingga hasil produknya lebih sehat dan juga menguntungkan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam budidaya unggas bebek.

"Cara merawat anak bebek sebaiknya dilakukan dengan benar agar anak bebek tidak mudah mati. Anak bebek sendiri sangat rentan terhadap kondisi udara yang dingin"

Cara Merawat Anak Bebek Secara Mudah

Cara merawat anak bebek yang baru menetas ( DOD) sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Namun Anda harus melakukannya dengan tepat agar anak-anak bebek yang Anda rawat dapat tumbuh sehat. Anak bebek yang baru saja menetas dari cangkang telurnya membutuhkan lingkungan yang hangat. Tidak hanya itu, anak bebek juga membutuhkan lingkungan yang aman untuk tumbuh kembangnya. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan kandang atau tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk anak-anak bebek. Dengan cara merawat anak bebek yang benar, anak bebek akan cepat berjalan atau bahkan berenang. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam perawatan anak bebek:

1. Pembuatan kandang

Kandang anak-anak bebek dapat Anda buat segera maksimal 24 jam setelah anak bebek menetas dari cangkangnya. Kandang tersebut dapat Anda buat dari kotak wadah plastik atau akuarium kaca dengan ukuran yang cukup besar. Atau Anda juga dapat menggunakan kardus yang kokoh, yang terpenting kotak harus rapat. Cara merawat anak bebek yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Jika Anda menggunakan kandang yang banyak lubangnya maka anak bebek atau mudah kedinginan. Kedinginan adalah salah satu faktor yang membuat anak-anak bebek mudah mati.

2. Pasang lampu di kandang

Setelah membuatkan kandang yang tepat untuk anak-anak bebek, lanjutkan dengan memasang lampu. Pasanglah lampu untuk menghangatkan kandang agar bebek tidak kedinginan di dalam kandang. Cara merawat anak bebek ini penting dilakukan agar anak bebek terbiasa dengan suhu di luar cangkang telur yang dingin. Untuk penggunaan lampu sebaiknya mulai gunakan bohlam 100 watt untuk kandang yang cukup besar. Jika kandang terlalu kecil, maka anak bebek akan merasa kepanasan dan tidak ada ruang untuk mendinginkan tubuhnya. Pemasangan lampu juga jangan terlalu dekat karena jika menyentuhnya, anak bebek dapat terbakar.

3. Berian pakan dan air

Cara merawat anak bebek selanjutnya yaitu dengan memberikan pakan dan air minum. Untuk pemberiannya, cukup meletakkan mangkuk berisi air di dalam kandang. Gunakan mangkuk yang dangkal sehingga memudahkan anak bebek untuk meminumnya. Pemberian air minum ini sebaiknya dilakukan setiap hari, bersihkan mangkuknya dan ganti airnya dengan yang baru setiap hari. Air minum untuk bebek ini dapat diberi sedikit gula sebagai sumber energi anak-anak bebek. Pasalnya, anak bebek yang baru berusia 24 jam enggan untuk menelan makanan. Pakannya sendiri dapat dibeli di toko pakan hewan, berbentuk serbuk halus.

Baca juga
Panduan Budidaya Bebek Pedaging
Panduan Budidaya Bebek Petelur

Secara umum, itulah cara merawat anak bebek agar cepat besar dengan langkah yang mudah dan sederhana. Namun selain melakukan 3 hal tersebut, Anda juga perlu melakukan perawatan ekstra seperti pemberian pakan tambahan berupa kuning telur kepada anak-anak bebek yang terlihat lemah. Usahakan juga untuk menyediakan pakan anak bebek sepanjang waktu dan hanya gunakan pakan khusus untuk anak bebek. Jika anak bebek sudah berusia 7 hari maka tingkat keberhasilan budidaya unggas bebek semakin besar. Semakin anak bebek tumbuh dewasa maka cara merawat anak bebek akan semakin mudah.