3 Tahapan Pemberian Pakan Bebek Berkualitas dan Baik

Pakan bebek berkualitas tentu harus dipenuhi agar bebek yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang unggul. Pemberian pakan bebek dalam budidaya ternak bebek merupakan hal terpenting yang harus dipenuhi karena sangat mempengaruhi produk akhir yang dihasilkan nanti. Pemberian pakan juga sebenarnya tak boleh dilakukan sembarangan. Makanan yang berkualitas tentu bisa dicerna oleh bebek dengan baik. Sehingga kita pun tak dapat memberikan pakan dengan sembarangan. Misalnya saja dengan pemberian jagung, maka Anda pun tak boleh memberinya jagung berjamur atau sudah lama. Hal ini dikarenakan jika kita memberikan pakan bebek sembarangan seperti jagung berjamur yang mengandung racun tentunya akan memperburuk kondisi tubuh dari bebek tersebut. Adapun pemberian pakan sendiri dilakukan sesuai fase pemeliharaannya, seperti berikut ini:

"Pakan bebek merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi pertumbuhan bebek dalam usaha budidaya ternak bebek. Ada 3 tahapan pemberian pakan bebek berkualitas dan baik"

Fase Pemberian Pakan Bebek

1. Fase Starter

Pemberian pakan untuk bebek pada fase starter (diusia 1-14 hari) itu sendiri harus mempunyai kandungan protein dan nutrisi yang tinggi berdasarkan kebutuhan anakan bebek agar mempercepat pertumbuhannya. Pakan bebek starter tentu harus memiliki manfaat bagi system kekebalan tubuh serta saluran pencernaan bebek. Namun pakan bebek yang mengandung energy tinggi umumnya bisa menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh bebek dengan begitu pertumbuhan bebek pun menjadi kurang baik.

Kebutuhan nutrisi untuk pakan ini meliputi nutrisi protein kasar sebesar 20-22%, kalsium 0,9%, energy metabolis 2.900 kkal/kg, fosfor 0,65 %, vitamin K 0,4 mg, vitamin D 220 ICU dan vitamin A 4.000 IU. Semua keperluan nutrisi tersebut bisa diperoleh dalam produk pakan bebek pabrik misalnya konsentrat yang berperan untuk tahapan pertumbuhan. Adapun jumlah kebutuhan makanan bebek per harinya bisa dibagi menjadi 2 tahap, dimana tahapan pertama diberikan di pagi hari sekitar 40% dan kedua diberikan pada sore hari sekitar 60%.

Sejak usia 1 hari, itik akan mengonsumsi makanan hingga 30 gram tiap harinya. Dalam perubahan jumlah makanan di tiap hari atau tiap minggu maka peternak wajib melakukan perkiraan dalam penambahan makanan tiap harinya supaya makanan yang diberikan sesuai standar di minggu berikutnya. Sebab tiap hari bebek akan bertambah besar jadi tiap hari juga perlu penambahan makanan pada bebek. 

2. Fase Grower

Pemberian pakan bebek fase grower untuk usia 15-35 hari diberikan dengan nutrisi pakan yang berbeda. Umumnya kebutuhan protein di fase grower ini agak menurun daripada ketika fase starter. Di tahapan tersebut justru kebutuhan akan energi menjadi lebih besar. Adapun hal tersebut bertujuan supaya laju pertumbuhan berat badan menjadi lebih cepat. Nutrisi yang dibutuhkan bebek fase grower ini diantaranya fosfor 0,6%, protein kasar 18-20%, vitamin K 0,4mg, vitamin D 220 ICU, vitamin A 4.000 IU, energi 2.900-3.000 Kkal/kg dan kalsium 0,8%.

Agar memperoleh nutrisi tersebut diatas sebenarnya sudah bervariasi. Adapun salah satunya lewat pemberian pakan bebek berbentuk konsentrat yang dikombinasikan bersama pakan campuran, misalnya dedak jagung, dedak, ampas tahu, tepung ikan dan sebagainya.

3. Fase Finisher

Pemberian makanan itik fase finisher usia 36-60 hari juga berbeda dan agak menurun dibandingkan fase grower. Akan tetapi, jumlah pemberian vitamin dan mineral harus lebih besar tujuannya demi menjaga kesehatan itik agar tetap baik. Kebutuhan nutrisi fase finisher ini meliputi protein kasar 18%, vitamin K 0,4 mg, fosfor 0,7 %, kalsium 2,7%, energi metabolism 2.900 kkal/kg, vitamin D 500 ICU, dan vitamin A 4.000 ICU.

Kebutuhan nutrisi bebek di fase ini semakin bervariasi tentunya. Hal tersebut dikarenakan bebek sudah mulai diperkenalkan jenis makanan hasil formulasi serta menghilangkan pakan komersial. Makanan bebek untuk fase ini umumnya terdiri atas menir, ikan runch, enceng gondok, bekatul, ampas tahu, dedak, nasi aking dan sebagainya. Itulah tahapan-tahapan pemberian pakan bebek berkualitas dan baik untuk pertumbuhan bebek itu sendiri. Semoga bermanfaat!

1 komentar :

Suprapto

terimakasih gan