3 Tahapan Penting Dalam Budidaya Ternak Bebek Petelur

Panduan cara budidaya ternak bebek petelur banyak dicari untuk para pencinta unggas yang satu ini. Di Indonesia sendiri, kebanyakan dari peternak bebek dirawat atau dipelihara dengan tradisional. Sebab kebanyakan dari para pengusaha unggas yang satu ini menggembalakannya di sungai-sungai, area persawahan dan lain sebagainya. Usaha ternak bebek petelur ini memang begitu menyenangkan terutama bagi yang menyukai unggas yang satu ini. Sebelum melakukan budidaya unggas ini, sebaiknya persiapkan diri terlebih dulu supaya budidaya pun sukses dan berhasil.

"Panduan cara budidaya ternak bebek petelur meliputi persiapan kandang itik petelur, kemudian pemilihan bibit bebek yang unggul dan terakhir pemberian pakan bebek yang tepat"

Persiapan Kandang dan Perlengkapannya

Panduan cara budidaya ternak bebek petelur yang pertama adalah mulai dari persiapan kandang juga berbagai peralatan yang dibutuhkan. Kandang untuk unggas sebaiknya dapat memberikan kenyamanan yang maksimal dengan kandang bebek yang dibuat pun harus memenuhi berbagai persyaratan yang ekonomis. Adapun maksudnya adalah kandang yang dibuat tidak terlalu menguras kantong namun tetap memenuhi syarat. Untuk usaha budidaya bebek petelur ini, kandang yang digunakan sebaiknya memakai system pekarangan yang merupakan kombinasi dari kandang lepas alas dan terkurung.

Kandang tersebut dilapisi padi sekam, sementara atap kandang yang dipakai merupakan atap jenis satu muka memakai anyaman dari daun tebu atau daun bambu. Adapun dalam panduan cara budidaya ternak bebek petelur yang baik ini persyaratan suhu kandang sebaiknya tidak melebihi 39 derajat celcius. Dengan kelembaban kandang mencapai 60-65%. 

Pemilihan DOD Bebek Petelur Unggul

Tutorial budidaya bebek petelur berikutnya adalah dengan memilih bebek petelur unggul supaya dapat menghasilkan telur sesuai keinginan. Adapun cara pemilihan bibit itu sendiri terdapat 2 jenis, yakni kita dapat membeli telur dari induk unggul, bisa juga dengan menetaskan telur dari hasil produksi sebelumnya yang telah ada. Pada proses penetasan ini sebenarnya sama saja dengan jenis penetasan telur yang lainnya. Cara yang kedua adalah memelihara induk bebek yang terjamin keunggulannya agar menghasilkan telur lalu menempatkannya di mesin penetas.

Pemilihan dan Pemberian Pakan Bebek

Panduan cara budidaya ternak bebek petelur agar sukses dipengaruhi pula oleh pemberian pakan jenis bebek petelur ini. Adapun salah satu pakan ternak bebek paling sering digunakan adalah tepung ikan. Dimana tepung ikan ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pakan karena memiliki kandungan berupa protein hewani. Spesifikasi pakan ternak unggas ini diantaranya rasanya, berasal dari jenis ikan laut segar dan mengandung protein dengan persentase 55%.

Pemberian pakan bebek petelur ke dalam 3 tahap, yakni tahap starter di usia 0-8 minggu, lalu tahap grower usia 8-18 minggu, kemudian tahap layar di usia 18-27 minggu. Adapun pakan dari ketiga tahap tersebut termasuk pakan jadi langsung dari pabrik dimana memakai kode untuk tiap-tiap fase itu sendiri. Panduan cara budidaya ternak bebek petelur dalam pemberian pakan ini dibagi lagi menjadi 4 kelompok, Untuk usia 0-16 hari pemberian pakan di tempat pakan yang datar.
Pada usia 16-21 hari pakan diberikan memakai tray feeder beserta sebaran di lantai, usia 21 hari hingga 18 minggu pakan disebar di lantai, usia 18 minggu sampai 72 minggu sendiri terbagi ke dalam 2 cara, yakni 7 hari yang pertama memakai pakan peralihan memperhatikan permulaan produksi dari bertelur hingga produksi 5%. Sesudah itu, pakan bebek pun diberikan secara terus menerus.

3 tahapan penting dalam panduan cara budidaya ternak bebek petelur diatas sebenarnya sangat mempengaruhi produksi dari telur bebek itu sendiri. Jangan lupa pula untuk melakukan penanganan hama dan juga penyakit.