5 Tips Merawat Ikan Lele Berdasarkan Usia Ikan Agar Bebas Penyakit

Budidaya ikan lele memang relatif mudah dengan menggunakan kolam terpal. Namun sayangnya, banyak para pembudidaya lele gagal dalam proses pembudidayaan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan cara perawatan ikan lele. Agar budidaya ikan lele Anda berhasil, maka Anda perlu untuk mengetahui tips merawat ikan lele yang benar. Biasanya kegagalan budidaya ikan lele dikarenakan lele terkena penyakit atau diserang oleh hama. Nah, untuk Anda para pengusaha ikan lele wajib tahu bagaimana cara merawat ikan lele dengan benar.

Tips merawat ikan lele yang benar pada intinya adalah pada pengaturan air dan pemberian makan. Perawatan ikan lele yang benar harus disesuaikan dengan umur dari bibit lele. Berikut ini cara pemeliharaan lele yang benar:

1. Pemeliharaan umur 1 sampai 4 hari

Pada usia 1 sampai dengan 4 hari merupakan usia yang sangat rentan bagi bibit lele. Lele dengan usia ini sangat rentan mati karena perubahan suhu yang drastis pada air. Oleh karena itu, lele dengan usia 1 sampai 4 hari harus dirawat dengan cara menjaga suhu air akan tetap stabil dan tidak sering berubah-ubah. Untuk pakannya cukup diberikan plankton saja. Jumlah plankton juga tidak perlu banyak, hal ini dikarenakan lele masih mempunyai cadangan makanan.

2. Pemeliharaan umur 5 sampai 15 hari

Pada umur 5 sampai dengan 15 hari cadangan makanan pada lele sudah habis, maka Anda perlu memberikan nutrisi tambahan pada lele. Tips merawat ikan lele umur ini adalah dengan memberikan pakan secara rutin dua kali sehari. Makanan yang diberikan adalah cacing sutra atau cacing darah. Selain makanan, air juga harus diperhatikan. Jika air sudah kotor maka perlu diganti dengan yang baru. Penggantian air ini tidak 100% tapi hanya 50%nya saja.

3. Pemeliharaan umur 16 sampai 25 hari

Pembesaran ikan lele dimulai pada saat lele berumur 16 sampai 25 hari. Pada umur ini, pakan lele sudah harus diganti, yaitu menjadi pelet yang berbentuk serbuk. Pemberian makannya juga harus lebih sering yaitu 4 kali dalam sehari. Sedangkan jumlah makanan yang diberikan yaitu 30% dari jumlah ikan yang ada dalam kolam. Pada usia ini ikan lele sudah perlu dipisahkan sesuai dengan ukurannya agar kolam tidak terlalu padat.

4. Pemeliharaan umur 26 sampai 30 hari

Tips merawat ikan lele umur 26 sampai dengan 30 hari adalah dengan mengganti pakannya. Pakan yang diberikan bukan lagi pelet serbuk melainkan pelet F100 yang berbentuk butiran. Pelet ini diberikan pada ikan lele sebanyak 3 kali dalam sehari. Ikan lele pada usia ini juga perlu untuk dipisahkan kembali guna mengurangi kepadatan dari kolam.

5. Pemeliharaan umur 31 sampai 40 hari

Tips merawat ikan lele yang terakhir yaitu pada saat lele berumur 31 sampai 40 hari. Pada umur ini lele sudah bisa dipanen tapi ukurannya tidak terlalu besar. Anda perlu melakukan seleksi untuk mengambil lele yang sudah siap untuk dipasarkan. Pakan yang diberikan pada lele usia ini adalah pakan F999 yang merupakan pakan pelet khusus ikan lele. Seleksi ikan ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Baca Juga:

Tips merawat ikan lele setelah memasuki usia 40 keatas tergolong lebih mudah. Hal ini dikarenakan pada usia ini ternak tidak rentan mati. Bisa dikatakan bahwa usia 40 hari keatas ikan lele sudah matang dan tidak perlu dirawat secara khusus. Walaupun demikian, jumlah makanan dan air kolam tetap harus diperhatikan. Memasuki masa panen ikan lele harus terus dijaga agar tidak dimakan oleh hama seperti kucing, berang-berang, tikus, dan berbagai hewan pengganggu lainnya

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele