6 Kriteria Kandang Bebek Paling Ideal Untuk Usaha Ternak Bebek

Kandang bebek adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan budidaya bebek baik jenis petelur maupun pedaging. Konstruksi dasar dari kandang bebek sendiri sebenarnya tak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan jenis kandang unggas yang lainnya. Akan tetapi, untuk alasnya maupun lantainya sebaiknya dibuat agar lebih rapat demi kenyamanan bebek itu sendiri. Kandang itik termasuk poin paling penting, khususnya bagi itik petelur yang mana pada kandangnya harus disediakan wadah untuk telur
"Kandang bebek yang berkualitas adalah kandang yang memenuhi segala aspek yang diperlukan, seperti kebersihan kandang, kenyamanan, penerangan dan ketinggian kandang"

Kriteria Kandang Bebek Ideal

Biasanya kandang bebek untuk peternakan sendiri dibagi ke dalam 3 kelas, yakni kandang DOD untuk anak bebek, kandang untuk bebek dara dan kandang untuk bebek bertelur. Dari 3 jenis kandang tersebut tentunya Anda harus memperhatikan beberapa hal saat budidaya bebek. Pemilihan jenis kandang bebek sendiri perlu disesuaikan dengan kondisi di lingkungan sekitar. Selain itu, Anda juga harus mengetahui faktor-faktor terpenting dalam pembuatan kandang itu sendiri. 

Untuk menciptakan sebuah kandang bebek yang baik, tentunya harus mengetahui beberapa kriteria yang tepat berikut ini:

1. Faktor Kenyamanan Kandang

Kandang bebek pedaging (potong) maupun bebek petelur yang ideal tentunya meliputi kenyamanan dan kebersihan kandang itu sendiri. Dinding bagian utama kandang mesti tertutup, sebab nantinya ternak akan gelisah bila melihat binatang lainnya, semisal kucing atau anjing yang melintas di area dekat kandang. Disamping itu, dinding dibiarkan sedikit terbuka dengan tujuan sebagai area sirkulasi udara, yang mana angin dari luar tidak langsung masuk pada kandang tetapi difilter terlebih dulu. Sementara pada bagian atap sendiri seperti biasanya, menjadi media berteduh untuk bebek dari paparan sinar matahari atau hujan.

2. Temperatur Ruang Kandang

Akan lebih baik bila Anda selalu mengecek suhu dan kondisi ruangan pada kandang bebek. Pastikan suhu kandang selalu sama dengan suhu ruangan pada umumnya, tak terlalu dingin ataupun panas, yakni dalam kisaran 27-30 derajat celcius. Adapun hal tersebut bisa diantisipasi lewat pembuatan kandang sebelumnya. Anda bisa membuat kandang dengan menghadap ke arah timur atau barat, jadi panas matahari dan anginnya bisa silih bergantian untuk masuk pada kandang. Cahaya matahari sendiri bisa menjadi sarana menghilangkan kelembaban serta menumpuknya penyakit pada kandang.

3. Penerangan Kandang

Untuk penerangan kandang bebek sendiri perlu diperhatikan. Penerangan pada kandang mesti cukup, tak hanya untuk mempermudah Anda saat perawatan serta melihat keadaan bebek, melainkan juga bisa menjadikan itik lebih nyaman serta suhu dalam kandang pun bisa lebih terkendali.

4. Ruang Gerak Leluasa

Untuk membuat kandang untuk bebek tentunya harus leluasa terutama untuk bebek peking, karena bebek merupakan hewan yang tak suka minum dan makan dengan bersamaan pada satu waktu. Unggas yang satu ini lebih memilih untuk bergantian dibandingkan berdesakan. Maka dari itu, melalui ruang gerak kandang yan leluasa Anda bisa menghemat waktu, sehingga pemeliharaan pun lebih efisien.

5. Ketinggian Kandang yang Ideal

Pastikan kandang yang Anda buat tak terlalu tinggi dan tak terlalu pendek, pastikan sesuai dengan ketinggian dari badan Anda dan usahakan untuk lebih tinggi sekitar 2-3 meter, agar mudah dalam hal perawatan serta pemberian makan bebek itu sendiri.

6. Kebersihan Kandang

Sebaiknya selalu bersihkan kandang secara rutin. Jadi, jangan hanya dilakukan sekali saja sebelum Anda membuat kandang. Caranya dengan penyemprotan memakai desinfektan rutin. Anda bisa menyemprotkannya ketika bebek keluar kandang. Kandang untuk bebek paling ideal yaitu dalam kondisi kering serta bebas penyakit.
Dengan beberapa kriteria di atas, kita tentu bisa membuat kandang bebek yang nyaman dan pas untuk menunjang perawatan bebek dengan mudah sehingga bisa menghasilkan kualitas bebek yang terbaik.