Cara Budidaya Entok yang Baik dan Benar Agar Cepat Untung

Cara budidaya entok sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan memiliki banyak kelebihan dibanding cara budidaya unggas lain. Jika dibandingkan dengan ternak puyuh, ternak entok lebih ramah lingkungan sehingga dapat menggunakan pekarangan rumah. Kandang entok dapat dibuat di pekarangan rumah, tidak seperti kandang puyuh yang sebaiknya dibuat cukup jauh dari rumah. Pasalnya, kandang puyuh berbau menyengat akibat kotorannya, hal tersebut tentu sangat mengganggu. Sementara untuk ternak entok sendiri tidak hanya dalam urusan kandang, dalam hal perawatan juga ternak unggas ini memberikan banyak keuntungan.

"Cara budidaya entok cukup mudah dilakukan karena entok memiliki daya tahan tubuh yang baik. Selain itu pembudidayaan entok lebih mudah dilakukan dan ramah lingkungan"

Cara Mudah Budidaya Entok

Bagi Anda yang ingin membudidayakan entok, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan:
1. Buat kandang
Anda harus membuat kandang terlebih dahulu sebagai tempat tinggal entok yang akan Anda budidayakan. Pembuatan kandang sebaiknya dipersiapkan dengan baik dan matang sekalipun mudah untuk dilakukan. Anda harus menyediakan tempat pakan dan air minum di dalam kandang. Kandangnya sendiri sebaiknya memiliki tinggi yang cukup, kandang dapat dibuat dari bambu yang dipadukan dengan jaring. Jika kandang kurang tinggi maka bebek dapat terbang atau lari dari kandang. Cara budidaya entok ini harus Anda lakukan sebelum menyediakan bibit. Jika kandang sudah siap pakai, masukkan bibit entok ke dalamnya dan mulailah merawatnya.

2. Pemberian pakan dan perawatannya
Untuk entok yang masih kecil atau biasa disebut meri, biasanya belum bisa menyesuaikan diri terutama untuk memakan pakannya. Untuk itu, Anda harus membiarkan meri tinggal bersama dengan induknya selama 1 atau 2 hari. Setelah meri terbiasa untuk memakan pakannya, maka Anda dapat memisahkannya dari induknya. Anda dapat memberikan pakan kepada entok berupa dedak. Setelah dipisahkan sebaiknya letakkan lampu 5 sampai 10 watt di kandang meri. Tujuannya agar meri tidak merasa kedinginan karena terpisah dari induknya. Cara budidaya entok ini harus dilakukan dengan tepat.

3. Lakukan vaksinasi
Dalam budidaya entok, Anda juga perlu atau bahkan harus melakukan vaksinasi. Dalam perawatan entok memang bukan hanya pada pemberian pakan saja. Tetapi Anda juga harus memperhatikan tingkat kesehatan entok yang Anda budidayakan. Cara budidaya entok yang baik yaitu dengan melakukan vaksinasi agar entok kebal terhadap penyakit. Walaupun ketahanan tubuh entok lebih kebal dibanding jenis bebek lain, Anda tetap disarankan untuk memvaksinasinya. Cara budidaya entok ini penting dilakukan agar entok tetap memiliki tubuh yang sehat.

Secara garis besar, itulah cara mudah membudidayakan entok bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakannya. Namun dalam pemberian pakan sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat. Cara budidaya entok yang tepat tentu akan mendukung tumbuh kembangnya, berikut adalah ukuran dan juga waktu pemberian pakan entok:
  • Ketika entok berusia 1 sampai 2 minggu, pakan terbaiknya adalah konsentrat starter.
  • Ketika entok berusia lebih dari 2 minggu maka pakannya adalah campuran konsentrat starter dengan pakan induk.

Baca juga
Setelah entok berusia 1 bulan, barulah Anda dapat menyapihnya. Entok dapat bertelur setelah melalui masa pengeraman yang berlangsung selama 35 hari atau sekitar 3 minggu. Cara budidaya entok agar cepat untung banyak dicari oleh para peternak entok. Bagaimanapun, keuntungan yang besar merupakan hal yang dinantikan oleh para peternak entok. Sebenarnya agar entok cepat tumbuh besar dan cepat dipanen sebaiknya diberikan pakan yang cukup. Pemberian pakan untuk entok disarankan untuk tidak dibarengi dengan pemberian air agar nafsu makan entok lebih stabil. Jika nafsu makannya stabil dan entok dapat tumbuh subur, tentu Anda akan segera mendapatkan keuntungan besar. Yang penting, Anda sudah melakukan cara budidaya entok dengan baik dan benar.