Cara Budidaya Ikan Lele Organik Ramah Lingkungan

Apakah Anda sedang mencari cara budidaya ikan lele organik? Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membudidayakan ikan lele organik, pastikan Anda membaca uraian berikut ini. Sebenarnya sudah ada banyak orang yang membudidayakan ikan lele organik, terutama mereka yang sukses membudidayakan ikan konsumsi. Berkat pengalaman membudidayakan ikan yang telah dikantongi, mereka lebih tahu bagaimana cara mendapatkan hasil panen ikan lele yang lebih memuaskan. Budidaya ikan lele organik akhir-akhir ini memang banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Budidaya ikan lele organik dipercaya mampu memberikan keuntungan besar, bahkan untuk para pemula. Lalu, bagaimana cara budidaya ikan lele organik itu sendiri? Usaha budidaya ikan lele organik cukup sederhana dan para pemula memiliki peluang sukses yang cukup besar. Bagi Anda yang ingin menjajaki usaha yang satu ini, cobalah dengan membuat kolam ikan lele organik dari terpal. Penggunaan terpal lebih praktis karena Anda tidak harus menunggu lama layaknya pembuatan kolam beton. Bahkan Anda dapat memindahkan posisi kolam jika tempat tersebut sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditempati.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara budidaya ikan lele organik di kolam terpal, ketahui terlebih dahulu apa itu ikan lele organik. Ikan lele organik adalah ikan lele yang cara pembudidayaannya dilakukan dengan teknik ramah lingkungan. Yaitu dengan mengatur mikroorganisme positif yang ada pada kolam serta siklus seperti habitat ikan lele asli. Dulunya cara budidaya ikan lele organik banyak digunakan untuk membantu para peternak ikan lele yang merasa keberatan dengan harga pakan yang sangat mahal. Namun saat ini budidaya ikan lele organik dilakukan secara khusus untuk memproduksi ikan lele yang sehat dan berkualitas.

Tidak jarang peternak ikan lele yang menggunakan bahan kimia untuk mempercepat proses tumbuh kembang ikan lele. Namun sebenarnya cara tersebut cukup berisiko karena ikan lele dapat tumbuh subur dengan cara yang ramah lingkungan. Langsung saja, ini dia cara budidaya ikan lele organik yang dapat Anda simak:

Mengatur kolam

Anda dapat membuat kolam dari terpal, ukurannya yaitu tergantung dari keinginan Anda selera Anda. Dalam pembuatan kolam diperlukannya kompos karena ikan yang akan dibudidayakan adalah ikan lele organik. Cara pemberiannya yaitu dengan menaburkan pupuk kompos atau pupuk kandang pada kolam. Lakukan fermentasi dengan memberikan bakteri probiotik kemudian tutup kolam menggunakan terpal plastik. Proses fermentasi dapat berlangsung selama kurang lebih 2 minggu. Baca selengkapnya tentang kolam ikan lele disini

Pemilihan bibit

Bibit memegang 50 persen kunci keberhasilan dalam usaha budidaya. Budidaya apapun yang Anda lakukan, kesuksesannya tergantung pada pemilihan bibit. Jika bibit yang dipilih dan digunakan adalah bibit yang berkualitas maka tingkat keberhasilan akan semakin besar. Cara budidaya ikan lele organik yang disarankan yaitu menggunakan bibit ikan lele jenis Sangkuriang. Namun selain jenis Sangkuriang, Anda dapat membudidayakan ikan lele jenis lain dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Baca selengkapnya tentang bibit lele unggul disini

Penebaran benih

Jika bibit ikan lele organik sudah matang, cara ternak ikan lele organik berikutnya yaitu melakukan penebaran benih. Caranya yaitu dengan memasukkan benih ikan lele sekaligus dengan wadahnya, namun pastikan wadahnya sudah terbuka. Biarkan ikan lele keluar dengan sendirinya dari wadah tersebut ke dalam kolam terpal. Ikan lele akan mulai keluar jika sudah beradaptasi dengan kondisi kolam yang baru.

Baca Juga:

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat melanjutkannya untuk perawatan harian. Dimana Anda harus memberikan pakan yang komposisinya adalah mikroorganisme atau plankton atau pakan bahan organik lainnya. Anda juga dapat memberikan pelet yang dicampur dengan bahan organik serta probiotik yang telah difermentasikan sebelumnya. Berikan pakan pada ikan lele organik sebanyak 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari. Anda juga harus rajin memantau kesehatan ikan lele organik yang Anda budidayakan. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara budidaya ikan lele organik.

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele