Cara Pembibitan Ikan Lele Hingga Panen Benih Siap Jual

Cara pembibitan ikan lele dengan benar. Ada 2 jenis upaya dalam budidaya ternak ikan lele, diantaranya upaya pembenihan dan pembesaran ikan lele. Setiap peternak yang membesarkan ikan lele umumnya tak membenihkannya sendiri. Dimana mereka lebih memilih membeli benih kepada peternak benih ikan lele supaya lebih praktis. Selain itu juga usaha pembibitan ikan lele membutuhkan ketelitian dan keterampilan lebih tinggi. Cara pemeliharaan juga perlakuan dari budidaya ikan lele untuk pembesaran dan pembenihan pun berbeda.
"Cara pembibitan ikan lele dengan benar dan tepat sampai panen. Pembenihan ikan lele dilakukan dengan melewati beberapa tahapan mulai dari pemilihan indukan hingga tahap panen"

Tahapan Cara Pembibitan Ikan Lele 

Sebenarnya, para peternak itu sendiri lebih baik fokus untuk satu jenis segmen usaha saja. Bagi Anda yang ingin mencoba usaha pembenihan ikan lele, bisa mengikuti tahapan-tahapan yang kami ulas dibawah ini!

1. Pemilihan Indukan

Cara pembibitan ikan lele yang pertama adalah harus menyeleksi calon indukan dari ikan lele terlebih dulu. Calon indukan pada upaya pembibitan lele sendiri sebaiknya dimulai dari ukurannya masih sekitar 5 hingga 10 cm. Anda bisa memilih jenis ikan lele dengan sifat yang unggul, misalnya mempunyai bentuk tubuh baik, tidak cacat, sehat, pertumbuhannya cepat, dan gerakannya lincah. Lalu, pelihara para calon indukan yang unggul tadi di kolam pemeliharaan yang Anda buat sendiri.

Untuk perawatan calon indukan itu sendiri lebih baik diperlakukan secara istimewa, melalui pemberian pakan berkualitas serta system pengairan yang juga baik. Penyeleksian calon indukan ini bisa dilakukan sekali dalam 2 minggu. Pastikan pula untuk memisahkan calon indukan ini berdasarkan ukuran supaya lele tidak saling memakan satu dengan yang lainnya alias kanibal. Sesudah calon dari indukan lele sudah cukup ukuran dan umurnya, bisa memilih indukan lele sehat dan bugar serta bebas penyakit.

2. Pemijahan Ikan

Tahap pembibitan ikan lele berikutnya meliputi pemijahan ikan atau dengan mengawinkan ikan lele tersebut. Metode mengawinkan ikan ini dapat dilakukan untuk berbagai metode, entah itu yang intensif atau alami. Dimana pemijahan alami artinya perkawinan tanpa membutuhkan campur tangan dari manusia untuk proses pembuahan antara sperma dan sel telurnya. Berbeda dengan pemijahan intensif pada cara pembibitan ikan lele yang merupakan proses dari perkawinan dengan membutuhkan intervensi dari manusia pada pembuatannya.
Dalam pemijahan secara intensif ada beberapa cara yang biasa digunakan, diantaranya penyuntikan hormone buatan, penyuntikan hipofisa dan pembuahan in vitro atau di dalam tabung.

3. Pemeliharaan Larva

Setelah proses pemijahan biasanya akan memproduksi larva ikan lele yang tentunya harus dibesarkan pada cara pembibitan ikan lele ini. Pisahkan larva terhadap induknya. Dalam pemeliharaan larva itu sendiri kualitas dari air kolam pun harus terjaga. Kemudian usahakan terdapat aerasi memakai aerator sebagai penyuplai oksigen. Adapun suhu kolam sendiri mesti dipertahankan pada kisaran sekitar 28-29 derajat celcius. Hal yang tak kalah pentingnya yaitu dengan menjaga kebersihan dari kolam itu sendiri. Bersihkan kolam terhadap sisa pakan dan kotoran memakai spons.

4. Pendederan Benih

Cara pembibitan ikan lele berikutnya adalah tahap pendederan benih. Pendederan ini merupakan tahapan pelepasan benih ikan pada tempat pembesaran dengan sementara. Tahapan proses ini adalah salah satu bagian tahapan yang penting pada pembenihan ikan. Adapun tempat pendederan sendiri umumnya memakai kolam kecil lewat pengaturan lingkungan dengan ketat. Selain itu, tahapan tersebut dibutuhkan karena bibit ternak itu sendiri masih rentan dari serangan penyakit, hama juga perubahan lingkungan ekstrim.

Itulah beberapa cara pembibitan ikan lele yang paling penting yang harus dilakukan. Untuk pemanenan benih ikan lele sendiri umumnya membutuhkan waktu hingga 8-9 mingguan setelah benih menetas. Adapun ukuran bibit lele yang siap panen biasanya berukuran sekitar 5-7 cm.

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele