Cara Usaha Ternak Bebek Peking dan Analisa Usahanya

Usaha ternak bebek peking merupakan salah satu usaha yang menguntungkan saat ini. Tak hanya itu saja, usaha budidaya bebek peking juga termasuk salah satu usaha yang mudah dilakukan. Terlebih lagi saat ini banyak sekali tutorial cara ternak jenis bebek yang satu ini di dunia maya. Sebenarnya untuk mudahnya, bisa saja langsung mengunjungi peternak bebek peking yang sukses untuk menanyakan cara-caranya. Usaha ini memang sangat menggiurkan mengingat permintaan akan bebek peking telur dan dagingnya sendiri semakin meningkat di pasaran. 

"Usaha ternak bebek peking tergolong memberikan banyak keuntungan, dimana usaha yang satu ini mudah dijalankan, mulai dari pertumbuhannya yang cepat dan pemberian pakan mudah"

Cara Usaha Ternak Bebek Peking Mudah

Untuk membudidayakan bebek supaya cepat besar, memerlukan beberapa tahapan usaha ternak bebek peking itu sendiri, meliputi pemilihan dari bibit unggul, komposisi pakan seimbang, kandang yang memberikan kenyamanan pada ternak, pengendalian penyakit dan penanganan setelah panen. 

Berikut ini beberapa tahapan ternak bebek peking agar cepat besar!

1. Pemilihan Bibit Bebek Peking Unggul

Untuk memilih jenis pakan bebek unggul sangatlah penting, sebab bila masa kecilnya sudah kurang baik maka di waktu bebek tersebut besar maka bisa menghasilkan anakan yang juga tidak berkualitas. Maka dari itu, pemilihan bebek unggul ini sangat penting dalam usaha ternak bebek peking. Bila Anda beternak unggas potong untuk diambil dagingnya, maka lebih baik memilih anakan bibit pejantan. 

Dengan memilih bibit jantan ini tentunya menjadi kunci sukses dalam budidaya bebek peking pedaging sebab bebek jantan begitu mudah dan cepat dibesarkan daripada bebek betina. Selain itu, harga dari bebek jantan pun tergolong lebih murah. 

2. Pilihan Komposisi Pakan Seimbang

Untuk mencukupi makanan unggas yang satu ini yang berkualitas dan bergizi tentu merupakan faktor paling penting dalam mempercepat pertumbuhan bebek sehingga menjadi lebih bongsor. Disamping mempercepat panen, dengan pemberian pakan berkualitas juga menjaga unggas bebek dari berbagai penyakit. Hal ini tentunya yang mempengaruhi keuntungan usaha ternak bebek peking itu sendiri. Adapun komposisi pakan bebek yang baik diantaranya tepung bekicot, bekatul/dedak, tepung jagung, cangkang dan tepung bulu unggas.

3. Pembuatan Kandang Unggas Bebek yang Baik

Tips usaha ternak bebek peking yang pertama adalah dengan membuat kandang unggas yang baik, yakni dengan cara mempertimbangkan modal. Bila modal untuk budidaya besar, maka sebaiknya membuat kandang unggas model panggung, sebab kandang model ini sangat mudah dilakukan perawatan, baik kesehatan dan kebersihan untuk bebek petelur maupun pedaging. Bila Anda memakai tempat budidaya bebek memakai lantai yang non panggung, ada baiknya tanah dilapisi terlebih dulu memakai kapur, sekam padi dan pasir.

Analisa Usaha Budidaya Bebek Peking

Untuk Anda yang ingin membudidayakan bebek peking atau pedaging, maka harus mengetahui bagaimana analisa usaha ternak jenis bebek ini terlebih dulu. Pertumbuhan dari bebek peking tergolong sangat cepat, bahkan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan pertumbuhan pada ayam. Bila bebek peking telah berusia 1 bulat dengan bobot hingga 1,5 kg jika usianya telah menginjak 2 tahun biasanya bobotnya mencapai 2 kali lipatnya.
Bebek peking juga tergolong lebih tahan terhadap serangan penyakit jika dibandingkan dengan unggas yang lain. Belum lagi, perlengkapan yang diperlukan ternak bebek peking begitu sederhana entah dari kandangnya ataupun dari alat-alat yang lainnya. Tak hanya itu saja, bebek peking juga bisa hidup di tempat yang terbuka memakai penutup seadanya. Keuntungan lainnya mencari makanan untuk bebek peking tidaklah sulit, sebab makanannya bisa dicarikan di lingkungan sekitar rumah, seperti di area persawahan misalnya. Itulah mengapa usaha ternak bebek peking banyak diminati kini!