Mengenal Jenis Bebek Hibrida dan Cara Budidaya nya

Bebek hibrida merupakan bebek hasil dari kawin silang dari 2 jenis bebek. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan keturunan bebek dengan sifat yang baik dari indukannya, baik yang jantan atau yang betina. Berdasarkan definisi makna kata hibrida, yaitu generasi persilangan antar jenis populasi yang berbeda. Misalnya saja untuk bebek Alabio yang berasal dari Kalimantan Selatan dan bebek Mojosari yang berasal dari Jawa Timur. Hasil dari persilangan kedua jenis bebek tersebut diberi nama bebek MA atau bebek mojosari alabio. hasil persilangan tersebut lebih bagus dari tetuanya karena mempunyai penggabungan keunggulan tertentu pada masing masing jenis. selain bebek diatas juga ada persilangan antara bebek peking dengan bebek lokal yang ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan bebek lokal dan tahan terhadap iklim tropis.

"Bebek hibrida merupakan bebek hasil kawin silang dari 2 jenis bebek yang berbeda. Semakin menonjol keunggulan bebek yang disilangkan maka hasilnya akan semakin bagus"

Cara Budidaya Bebek Hibrida

Bebek hibrida dapat tumbuh dengan lebih cepat dan memiliki berat badan yang lebih berbobot. Oleh sebab itu, banyak peternak unggas bebek melakukan kawin silang untuk para unggasnya. Untuk Anda yang ingin mencoba membudidayakan ternak unggas yang satu ini, silakan simak uraian berikut. Dibawah ini merupakan cara sederhana dalam beternak bebek jenis hibrida bagi para pemula:

- Siapkan kandang
Kandang bebek adalah hal penting dalam budidaya hewan, tidak terkecuali budidaya bebek hibrida. Pembuatan kandang bebek dapat membujur dari arah timur ke barat, tujuannya untuk mengatur suhu kandang akibat terik matahari. Kandang tersebut sebaiknya memiliki tinggi minimal 2 meter dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jaga kandang agar tetap bersih dan pastikan bebek hibrida memiliki ruang gerak yang cukup di dalam kandang. lebih jauh mengenai kandang bebek, lihat artikel ini 6 Kriteria Kandang Bebek Paling Ideal Untuk Usaha Ternak Bebek

- Pembibitan
Setelah menyiapkan kandang, hal lain yang harus Anda persiapkan yaitu bibit. Untuk pembibitan, Anda dapat membeli telur tetas dengan kualitas yang terjamin. Atau Anda juga dapat mendapatkan benih dengan cara mengawinkan bebek hibrida super agar dapat memproduksi bibit berkualitas.

- Pemberian pakan
Setelah Anda menyiapkan bibit dan kandangnya, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memberikan pakan. Pakan yang dapat diberikan untuk bebek jenis hibrida ini harus disesuaikan dengan usianya. Untuk usia 0 sampai 16 hari sebaiknya pakan diberikan di tempat makan datar. Kemudian sampai usia 18 minggu, pakan bebek hibrida dapat disebar di lantai kandangnya. Selain pakan, berikan juga air minum yang sudah dicampur dengan vitamin dan juga mineral. Tempat air minum dapat diletakkan di pinggir kandang dan berikan air minum setiap hari.

Itulah cara mudah untuk melakukan budidaya ternak bebek hibrida. Baik bebek hibrida pedaging atau petelur, pembudidayaannya harus dilakukan dengan tepat untuk hasil panen yang memuaskan. Pertumbuhan bebek memang kalah jika dibandingkan dengan pertumbuhan ayam. Oleh sebab itu, dilakukannya kawin silang untuk menghasilkan bebek yang dapat tumbuh lebih cepat dan berbobot. Jika Anda tertarik ingin membudidayakan bebek hibrida, Anda dapat memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Pembuatan kandangnya dapat Anda tekan biayanya dengan menggunakan bahan-bahan seperti kayu yang lebih terjangkau.

Baca juga

Permintaan pasar akan daging bebek jenis hibrida semakin tinggi karena dagingnya yang tidak terlalu amis. Seperti yang Anda ketahui bebek merupakan unggas yang memiliki daging amis. Sementara dengan melakukan perkawinan silang, hasilnya memang lebih baik dan daging bebeknya lebih empuk. Peluang usaha budidaya ternak unggas yang satu ini cukup besar mengingat tingginya permintaan pasar akan daging bebek jenis hibrida. Anda dapat mencoba untuk memulai membudidayakan ternak bebek ini sekarang juga, manfaatkan pekarangan rumah Anda untuk pembuatan kandangnya. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara budidaya bebek hibrida, semoga bermanfaat.