Modal Usaha Ternak Lele dan Analisa Keuntungannya

Apakah Anda sedang mencari tahu berapa modal usaha ternak lele? Untuk membantu Anda yang sedang menganalisis usaha ternak ikan lele, berikut akan dibagikan uraian mengenai modal dan keuntungan usaha ternak lele. Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan besar dari usaha yang dilakukannya. Tentunya Anda juga ingin menjadi salah satu pengusaha sukses, walaupun hanya usaha ternak ikan lele. Anda tidak perlu minder, ada banyak peternak ikan lele yang sukses dengan penghasilan puluhan juta rupiah. Jika Anda ingin menjadi salah satunya, lakukanlah analisa yang tepat untuk usaha ternak lele.

Modal Usaha Ternak Lele Menggunakan Terpal

Ternak lele dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana, modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Ternak lele sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan kolam terpal, biayanya lebih terjangkau. Lalu, berapa besar modal usaha ternak lele kolam terpal? Berikut ini adalah uraian bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana analisa ternak lele:

1. Modal

Modal usaha ternak lele yang harus Anda persiapkan terdiri dari modal utama, diantaranya yaitu:
  • Terpal seharga 600 ribu rupiah
  • Selang seharga 50 ribu rupiah
  • Gayung seharga 20 ribu rupiah
  • Ember karet seharga 30 ribu rupiah

Jumlah modal tersebut yaitu sebesar 700 ribu rupiah.
Selain modal tersebut, Anda juga harus menyiapkan biaya produksi yang juga termasuk modal usaha ternak lele. Antara lain yaitu:
  • Bibit lele (6000 ekor) seharga 1,2 juta rupiah
  • Pakan selama 3 bulan sekitar 500 ribu rupiah
  • Tenaga kerja sebesar 850 ribu rupiah
  • Vitamin sekitar 100 ribu rupiah
  • Biaya tambahan sekitar 150 ribu rupiah

Jumlah modal tambahan ini yaitu sekitar 2,8 juta rupiah.

2. Analisa Keuntungan

Setelah menghitung modal usaha ternak lele tersebut, selanjutnya hitunglah perkiraan keuntungan yang akan Anda terima. Caranya hitung terlebih dahulu pendapatan Anda, yaitu: Hasil panen kurang lebih 80 persen dikalikan 6000, yaitu sekitar 4800 ekor ikan lele yang dapat dipanen. Setelah itu dibagikan 6 dengan perkiraan 1 kg terdapat 6 ekor, hasilnya yaitu sekitar 800 kg. Jika setiap kilogram ikan lele dibeli dengan harga 10 ribu rupiah, maka pendapatan totalnya yaitu 8 juta rupiah. Keuntungan yang dapat Anda kantongi yaitu total pendapatan dikurangi total modal yang Anda keluarkan, yaitu: 8 juta rupiah dikurangi 3, 5 juta rupiah hasilnya yaitu 4,5 juta rupiah. 

Baca Juga:

Itu adalah keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan membudidayakan ternak ikan lele menggunakan kolam terpal. Analisa modal usaha ternak lele terpal ini hanya sebagai gambaran saja. Untuk modal yang seharusnya Anda keluarkan tentunya disesuaikan dengan harga-harga yang ada di daerah Anda. Pasalnya, di setiap daerah harga jual sebuah barang dapat berbeda-beda. Untuk itu, cobalah hitung sendiri dengan memasukkan modal usaha ternak lele sesuai dengan kondisi di lingkungan Anda saat ini. Buatlah analisa yang tepat jika Anda ingin memulai usaha budidaya ternak ikan lele.

Bagaimana? Tidak besar bukan modal yang harus Anda keluarkan untuk melakukan usaha budidaya ternak ikan lele. Selain itu, keuntungan yang diberikan cukup besar, usaha ternak yang satu ini memang menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Jika Anda selama ini masih ragu dengan usaha ternak ikan lele, saat ini Anda akan semakin untuk mencobanya. Jangan takut untuk gagal, cobalah untuk membudidayakan ikan lele sebagai usaha dengan prospek yang cukup cemerlang. Demikian yang dapat disampaikan, semoga uraian mengenai modal usaha ternak lele dan analisa keuntungannya ini dapat bermanfaat.

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele