Panduan Cara Budidaya Ternak Bebek Pedaging (Potong) Cepat Besar

Panduan cara budidaya ternak bebek pedaging yang tepat. Daging bebek sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan. Ada berbagai jenis olahan daging bebek yang dapat dinikmati dengan lezat di warung makan ataupun restoran-restoran tertentu. Dengan begitu, kita bisa melihat peluang usaha budidaya ternak bebek pedaging yang pasokannya masih kurang khususnya di wilayah Asia. Bila Anda tertarik membudidayakan itik ini, tentu merupakan pilihan tepat untuk beternak unggas yang satu ini untuk memenuhi permintaan pasar.

"Panduan cara budidaya ternak bebek pedaging memang cukup mudah dilakukan. Modal yang disediakan untuk budidaya ternak jenis bebek pedaging ini juga sebenarnya cukup minim"

Persiapkan Kandang Bebek Pedaging

Dalam panduan cara budidaya ternak bebek potong, kandang yang disiapkan untuk ternak bebek pedaging terdapat 3 jenis, jenis yang pertama perlu mempersiapkan kandang berupa box khusus anak itik dengan ukuran sekitar 1-2 meter yang bisa menampung sebanyak 50 ekor. Kandang yang kedua Anda dapat menyiapkan kandang browser untuk digunakan sebagai tempat memelihara bebek remaja. Adapun kandang tersebut bisa memuat sampai 16-100 ekor bebek remaja. Jenis ketiga dengan kandang layar bagi bebek petelur dewasa yang bisa menampung 4-5 ekor bebek dewasa.

Pemilihan DOD Bebek Pedaging Unggul

Tahapan cara budidaya ternak bebek pedaging berikutnya meliputi pemilihan bibit atau benih unggul. Caranya yaitu dengan membeli bibit dari itik yang telah menetas berasal dari jenis itik petelur berkualitas, memelihara bebek betina dan jantan dengan kualitas yang unggul lalu menetaskan telurnya untuk dijadikan itik pedaging, kemudian membeli DOD diarea yang telah direkomendasikan pihak terkait misalnya Dinas peternakan, dan terakhir harus memastikan bahwa DOD bebek dalam kondisi sehat dan tidak cacat.

Perawatan Bebek Pedaging

Panduan cara budidaya ternak bebek potong yang ketiga adalah tahapan perawatan, dimana jika Anda sudah mempersiapkan bebek berkualitas sebaiknya langsung ditempatkan di kandang brooder lalu sebar benih bebek tadi secara merata memakai suhu yang telah disesuaikan dengan umur bebek. Berikan tambahan vitamin baik pada minuman maupun pada makanan bibit agar kualitas bebek tetap terjaga. Hal ini sangat penting dalam cara budidaya bebek pedaging.

Pemberian Pakan Bebek Pedaging

Panduan cara budidaya ternak bebek pedaging berikutnya adalah pemberian pakan bebek. Untuk pemberian jumlah dan jenis pakan itu sendiri dibedakan sesuai dengan usia benih bebek tersebut. Pada bebek pedaging berumur 0-16 hari bisa menggunakan wadah yang datar supaya bebek mudah memakannya. Sementara pada umur 16-21 hari pemberian pakan dengan menggunakan wadah dan disebarkan di lantai kandang. Sementara jika berusia 21-18 minggu cukup dengan menyebarkan pakan saja di lantai. Pemberian vitamin juga dilakukan, seperti tepung ikan atau jagung.

Pemeliharaan Bebek Pedaging

Panduan cara budidaya ternak bebek pedaging selanjutnya adalah meliputi pemeliharaan bebek pedaging, tahapan ini memang memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapi. Tantangan yang paling besar yaitu penyakit dan hama. Umumnya, bebek pedaging menderita penyakit Salmonelosis dan Duck Cholera. Adapun tanda-tandanya yaitu bebek akan mencret serta sesak nafas. Untuk mencegahnya dengan selalu memperhatikan kebersihan dan sanitasi kandang bebek. Bisa juga dengan memberikan vaksinasi dengan dosis yang ditetapkan.

Peluang usaha budidaya bebek pedaging atau potong ini memang cukup menghasilkan. Di bulan September  kemarin, untuk 1 ekor itik pedaging berbobot 1,5 kg dibanderol dengan harga jual Rp. 38ribu tiap ekor. Sementara untuk itik pedaging berbobot 1,2 kg sampai 1,3 kg dibanderol Rp. 33rb per ekornya. Adapun harga tersebut adalah dalam kondisi bebek tersebut masih hidup. Umumnya, pembeli sendiri ada yang menginginkan bebek dalam kondisi mati serta bersih. Anda pun bisa menambahkan ongkos tambahannya.


Sementara untuk usia 3-7 hari pada bibit bebek unggulan biasanya dibanderol Rp. 6.500/ekor. Jadi, Anda bisa memperkirakan modal yang disediakan dengan pendapatan yang dihasilkan dari ternak bebek pedaging tersebut. Semoga ulasan panduan cara budidaya ternak bebek pedaging dan analisa usahanya bermanfaat!