Rahasia Usaha Budidaya Lele Sangkuriang Cepat Panen

Cara budidaya lele sangkuriang cepat panen. Budidaya jenis lele sangkuriang merupakan contoh usaha ternak lele yang paling banyak digemari para petani ikan. Selain itu, usaha budidaya ternak lele sangkuriang juga tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang ingin mencoba budidaya jenis ikan lele sangkuriang, ada beberapa tahapan budidaya yang bisa dilakukan dengan mudah berikut di bawah ini!

Persiapan Kolam Ikan Lele

Cara budidaya lele sangkuriang yang pertama yaitu mempersiapkan kolam untuk ternak lele. Dimana media kola mini merupakan habitat hidup lele, dan ada banyak jenis kolam yang dapat dipilih, misalnya kolam tanah, kolam terpal dan lain sebagainya. Media kolam dalam budidaya ternak lele sangkuriang itu sendiri idealnya mesti memiliki konstruksi tepat, memiliki perawatan yang baik dan kualitas airnya juga baik. Jika Anda memakai media berupa kolam tanah dalam budidaya ikan lele sangkuriang ini sebaiknya perhatikan bagian dinding kolam.

Usahakan dinding kolam dengan kondisi yang padat serta tak bocor. Untuk mengeraskan kolam lele sangkuriang ini dapat dilakukan dengan memukul-mukul bagian dinding kolam yang bertujuan memadatkannya. Selain itu, berikan pula kapur pada kolam sebagai antisipasi adanya hama pada kolam. Dosis kapur yang diberikan pada budidaya lele sangkuriang ini yaitu 20-200 gram hal tersebut disesuaikan dari tingkat keasamannya. Berikutnya pemasangan bagian pintu penyaringan beserta pemupukan dasar memakai pupuk NPK yang ditambahkan pupuk organik bertekstur padat. Baca selengkapnya tentang kolam ikan lele disini

Persiapan Bibit Ikan Lele

Cara ternak lele sangkuriang berikutnya yaitu meliputi persiapan bibit atau benih. Dimana Anda harus memilih benih dari ikan lele dengan kualitas yang bagus. Adapun pemilihan benih ikan lele berkualitas ini tentunya memiliki pengaruh besar untuk kesuksesan dan keberhasilan budidaya. Selain itu, cara paling sederhana yaitu dengan memastikan benih lele tadi dalam kondisi tidak cacat, gerakannya lincah dan berwarna cerah. 

Sebelum Anda menebarkan benih dari lele sangkuriang sebaiknya lakukan terlebih dulu sterilisasi memakai larutan dari KM5NO4. Dimana larutan ini dipakai untuk proses perendaman bibit hingga selama 10 menit supaya terhindar dari berbagai penyakit. Baca selengkapnya tentang bibit ikan lele disini

Pemberian Pakan Ikan Lele Sangkuriang

Faktor yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya lele sangkuriang ini demi menunjang pertumbuhan secara optimal adalah dengan pemberian pakan berbentuk pelet. Pakan ikan pelet yang diberikan ini membantu meningkatkan pertumbuhan ikan lele itu sendiri. Demi meningkatkan nutrisi pada pelet pastinya sangat dianjurkan untuk menambahkan Probiotik untuk ikan seperti Hormonik, POC Nasa dan Viterna Plus. Ketiga produk ini banyak digunakan oleh para petani ikan. 

Demi menjaga ekosistem dari kolam agar tetap stabil maka wajib dilakukan pemupukan dengan pemberian pupuk organik bertekstur padat. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari air kolam, menetralkan tingkat keasaman pH, memacu pertumbuhan dari plankton dan lain sebagainya. Anda bisa menebarkan pupuk organik perikanan  padat tadi secara rutin seminggu sekali. Bisa juga memakai pupuk organik saat tercium aroma yang menyengat di kolam. Baca selengkapnya tentang pakan ikan lele disini

Panen Ikan Lele Sangkuriang

Budidaya lele sangkuriang yang terakhir adalah tahap pemanenan ikan lele. Adapun proses pemanenan ini dilakukan dengan cara mengurutkan air kolam. Anda harus mempersiapkan bak kecil yang bertujuan untuk dapat menampung hasil dari panen ikan lele tersebut. Untuk melakukan budidaya ikan lele mulai dari awal sampai panen bisa dilakukan dengan kisaran waktu 45-50 hari. Itulah tahapan-tahapan proses yang harus dilakukan dalam budidaya lele sangkuriang dengan cepat hanya 45-50 hari saja sampai panen!

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele