Tahapan Usaha Budidaya Lele Dumbo Sederhana & Mudah

Usaha budidaya lele dumbo termasuk salah satu usaha yang kini banyak diminati. Ikan lele seperti kita ketahui ada beberapa jenis, diantaranya lele sangkuriang dan lele dumbo. Ikan lele dumbo termasuk sejenis lele yang sering dibudidayakan oleh masyarakat. Ternak budidaya lele dumbo sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Untuk membudidayakan jenis ikan lele dumbo ini mempunyai cara khusus supaya bisa tumbuh serta berkembangbiak dengan baik. 
"Usaha budidaya lele dumbo memiliki banyak keuntungan diantaranya pertumbuhan ikan yang cepat, mudah dalam hal perawatannya dan rasanya yang enak dengan nilai kandungan gizi tinggi"
Ternak ikan lele yang benar tentunya wajib memperhatikan beberapa faktor, diantaranya pakan ternak, kolam dan benih. Sama halnya dengan usaha budidaya lele dumbo yang memang dikenal karena pertumbuhannya yang cepat dan ukurannya yang lebih besar daripada lele lokal. Ternak ikan menggunakan kolam organik tentunya lebih dianjurkan sebab termasuk habitat asli dari ikan lele itu sendiri. Peluang usaha budidaya ikan lele sebenarnya sangat menjanjikan sebab ikan lele sendiri termasuk ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Salah satu makanan berbahan dasar ikan lele yang paling populer adalah pecel lele.

Ikan Lele Dumbo

Lele dumbo bernama ilmiah Clarias gariepinus merupakan sejenis ikan yang berasal di benua Afrika, ikan ini mulai datang ke nusantara tepatnya di tahun 1984. Sejenis ikan yang hidup di air tawar tersebut tentunya sangat mudah untuk dikenali sebab memiliki ciri khas tersendiri, yakni memiliki tubuh yang licin, berbentuk pipih yang memanjang, mempunyai kumis dan tidak bersisik. Usaha budidaya lele dumbo itu sendiri memiliki beberapa keunggulan diantaranya lele dumbo mampu beradaptasi dengan lingkungan secara baik, budidaya lebih mudah dengan proses pertumbuhan cepat. Ikan lele juga memiliki rasa yang enak dengan kandungan gizi tinggi dan yang terakhir ikan lele termasuk ikan yang harganya terjangkau jadi mudah diterima oleh masyarakat. Ikan lele dumbo ini merupakan sejenis hewan karnivora, akan tetapi diusia masih bibit ikan ini bersifat omnivore. Pada proses pemijahan sendiri, ikan indukan sebaiknya berusia 2 tahun maupun lebih serta bisa dikawinkan hingga sepanjang tahun. Itulah yang menjadi keuntungan usaha budidaya lele dumbo.

Tahapan Usaha Budidaya Lele Dumbo

Adapun beberapa cara budidaya ikan lele dumbo diantaranya:
* Pembuatan Kolam Ikan
Kolam untuk pemeliharaan dibuat melalui ukuran 7x5 meter dengan kedalaman mencapai 1 meter. Sesudah kolam tanah tersebut dibuat lalu keringkan hingga 3 hari dan di hari yang keempat bisa menaburkan kapur sebanyak 100 gram tiap meter persegi dengan pupuk kandang sebanyak 700 gram tiap meter persegi. Baca selengkapnya tentang kolam ikan lele disini
* Penebaran Bibit Ikan
Bibit ikan lele sendiri ditebar di pagi hari sebanyak 400 ekor tiap meter persegi pada bibit yang berusia 1 bulan. Baca selengkapnya tentang bibit ikan lele disini

Baca Juga:

* Pemberian Pakan Ikan
Usaha budidaya lele dumbo berikutnya adalah pemberian pakan ikan alami dari zooplankton dan hytoplankton sebagai pakan ikan di area kolam. Anda pun dapat memberikan pakan tambahan berbentuk bangkai unggas dibakar, kotoran ayam maupun sisa-sisa dari makanan dapur dibuat adonan lalu disebarkan pada kolam tanah. Baca selengkapnya tentang pakan ikan lele disini
* Penyakit Ikan Lele Dumbo
Penyakit ikan lele dumbo yang umumnya menyerang yaitu Ichthyopthitius multfilis yang disebut juga sebagai bintik putih. Adapun pencegahan penyakitnya itu sendiri dengan cara mempersiapkan kolam untuk budidaya dengan baik khususnya pengeringan serta pengapuran. Untuk mengobatinya dapat dilakukan penebaran garam dapur hingga 200 gram tiap meter kubik selama 10 hari secara berkala.

Dalam usaha budidaya lele dumbo itu sendiri, waktu panen ikan lele ini sekitar usia 3 bulan yang dihitung sejak awal penebaran bibit ikan.  Pertumbuhan tubuh ikan lele pun berubah mulai dari 10 gram hingga menjadi sebesar 200-300 gram.

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele