Tips Membeli Bibit Ikan Lele yang Berkualitas Baik

Pada kesempatan kali ini akan dibagikan tips membeli bibit ikan lele. Bagi Anda yang hendak membudidayakan ikan lele, pastinya Anda membutuhkan bibit yang berkualitas. Bibit memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan budidaya, begitu juga untuk budidaya ikan lele. Jika Anda menggunakan bibit yang berkualitas, maka hasil panen ikan lele yang Anda budidaya juga akan berlimpah dan berkualitas. Begitu juga sebaliknya, jika Anda tidak menggunakan bibit yang bagus maka hasil panennya tidak sebagus apa yang Anda harapkan.
"Tips membeli bibit ikan lele yaitu dengan memperhatikan kesehatan ikan. Selain itu pilih bibit yang ukurannya sama atau seimbang karena ikan lele adalah hewan kanibal"
Untuk itu, pilih dan belilah bibit ikan lele hanya yang bagus dan berkualitas. Dibawah ini adalah cara memilih ikan lele yg baik yang dapat Anda simak. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

Kesehatan Ikan

Kesehatan bibit sangat penting untuk Anda perhatikan, jika bibitnya tidak sehat maka sangat rentan mati. Ciri-ciri bibit ikan lele yang baik yaitu memiliki kepala dan tubuh dengan ukuran yang seimbang. Ikan lele yang bagus tidak cacat, sungutnya tidak pucat dan tidak memiliki luka. Warna tubuhnya cerah dan juga tampak mengkilap, selain itu juga memiliki gerakan yang aktif. Tips membeli bibit ikan lele yang satu ini memang memperhatikan bagian fisik dan gerakannya. Hindari memilih bibit ikan lele yang kurang aktif bergerak atau hanya menggerombol di pojok kolam saja.

Ukuran

Tips membeli bibit ikan lele berikutnya yaitu dengan memperhatikan ukuran. Jika Anda membeli bibit ikan lele, Anda tentunya akan membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk itu, Anda harus memilih bibit yang memiliki ukuran yang sama. Jika ukuran bibit tidak sama, pertumbuhannya tidak akan serempak. Sementara ikan lele sendiri merupakan hewan kanibal atau pemakan sejenisnya. Ikan lele yang besar akan memakan ikan lele yang lebih kecil.

Riwayat induk

Tips membeli bibit ikan lele selanjutnya yaitu dengan memperhatikan riwayat induk atau keturunan. Bibit ikan lele yang baik yaitu bukan dari hasil pemijahan dengan tingkat kekerabatan yang dekat. 

Riwayat penyakit

Anda juga sebaiknya menanyakan pada pemilik atau penjual bibit ikan lele mengenai riwayat penyakit. Jika memang ikan lele pernah sakit, tanyakan bagaimana cara penangan ikan lele. Apakah dengan menggunakan antibiotik, probiotik atau vitamin? Jika menggunakan antibiotik, maka tidak disarankan menggunakannya terlalu banyak. 

Secara umum, itulah cara memilih bibit ikan lele yg bagus sebelum Anda membelinya. Jangan hanya asal membeli bibit ikan lele karena sangat berpengaruh pada kesuksesan budidaya yang Anda lakukan. Terlebih lagi jika Anda adalah pemula, tentunya Anda tidak memiliki pengalaman bagaimana cara membudidayakan ikan lele dengan baik dan benar. Namun jika Anda pernah atau sering melakukan budidaya ternak ikan lele, Anda akan tahu betapa pentingnya pemilihan bibit ikan lele yang berkualitas. Jangan hanya asal membeli bibit ikan lele dan terapkan tips membeli bibit ikan lele tersebut.

Baca Juga:

Tidak jarang para peternak ikan lele yang mengalami kegagalan karena salah dalam pemilihan bibit. Terutama ketika memilih bibit dengan ukuran yang tidak seimbang, banyak ikan lele kecil yang dimakan ikan lele yang lebih besar. Akibatnya jumlah ikan lele yang dibudidayakan menjadi berkurang bahkan dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, ada juga peternak yang mengalami kerugian besar karena bibit tidak dapat tumbuh sehat dan banyak yang mati mengapung. Hal tersebut juga dapat terjadi karena faktor kesehatannya. Untuk itu, pastikan Anda menerapkan tips membeli bibit ikan lele di atas.

Tertarik dengan budidaya lele? Ingin keuntungan menjadi bertambah banyak? Baca Cara Terbaik Budidaya Ternak Lele