4 Tips Cara Melatih Suara Ayam Pelung Agar Mampu Berkokok Secara Maksimal

Bagi Anda yang sedang mencari cara melatih suara ayam pelung, simak 4 tips berikut ini. Ayam pelung merupakan ayam lokal asli Indonesia, yaitu berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Ayam pelung termasuk ayam yang memiliki banyak penggemar karena suaranya yang khas. Dibandingkan jenis ayam lainnya, ayam pelung merupakan ayam yang mampu berkokok sangat panjang, itulah ciri ayam pelung yang khas yang mampu menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, ayam pelung banyak diikutsertakan kontes-kontes ayam berkokok. Ayam pelung jantan memiliki suara kokok yang lebih bagus dibanding ayam pelung betina.

Tips Cara Melatih Suara Ayam pelung Agar Rajin Berkokok

Anda memelihara ayam pelung di rumah? Namun tidak tahu bagaimana cara melatih suara ayam pelung, silakan baca uraian berikut ini. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat dan memelihara ayam pelung. Antara lain yaitu:

1. Perhatikan pakan

Suara ayam Pelung juara sangat dipengaruhi oleh kesehatannya. Kesehatan tersebut sangat dipengaruhi oleh pakan, oleh karena itu berikan pakan dengan kandungan gizi dan vitamin yang cukup. Ayam pelung umumnya hidup di dalam kandang, tidak seperti ayam kampung yang dapat berkeliaran bebas. Jika Anda sebagai pemiliknya tidak memberikan pakan maka ayam pelung tidak dapat makan. Oleh sebab itu, sebagai pemiliknya Anda harus rajin memberikan pakan pada ayam pelung. Pakan yang disarankan yaitu pakan ternak yang kaya akan protein seperti belut, keong, ikan kecil dan siput.

2. Perhatikan kesehatannya

Cara melatih suara ayam pelung selanjutnya yaitu dengan tidak mengabaikan kesehatan selain memberinya pakan secara teratur. Walaupun Anda sudah memberikan pakan secara teratur, tidak menutup kemungkinan kesehatan ayam pelung menurun. Oleh sebab itu, perhatikan kesehatan ayam pelung yang Anda pelihara setiap harinya. Jika ayam pelung kurang bersemangat untuk beraktivitas atau bahkan makan, maka kesehatannya menurun. Untuk menjaga kesehatannya, Anda dapat memandikan dan menjemur ayam pelung setiap hari. Udara pagi yang bersih dan segar sangat baik untuk mendukung kesehatan ayam pelung.

3. Perhatikan kebersihan kandang

Untuk mendapatkan suara ayam pelung super, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang. Jika kandang kotor, bau, lembab dan pengap maka hal tersebut dapat memicu ayam pelung untuk malas berkokok. Cara melatih suara ayam pelung kali ini yaitu dengan memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan di sekitarnya. Kandang sebaiknya menghadap timur agar selalu kering karena terkena paparan sinar matahari yang cukup.

4. Beri pakan berupa belut

Cara melatih suara ayam pelung ini sudah banyak diterapkan bagi para penghobi pelung lomba. Sebelum dilombakan, ayam pelung diberi pakan berupa belut yang sudah dipotong kecil-kecil. Selain bermanfaat bagus bagi kesehatan ayam pelung, belut juga dipercaya mampu membuat ayam pelung rajin berkokok. Dimana belut tersebut dipercaya mampu menyerap lendir-lendir yang ada di tenggorokan ayam pelung. Jangan membersihkan tenggorokan ayam pelung dengan bulu ayam karena dapat merusak pita suaranya.

Itulah cara tepat merawat dan melatih ayam pelung berkualitas yang dapat Anda lakukan. Praktekkan tips-tips tersebut untuk ayam pelung Anda dan buktikan sendiri keampuhannya. Selain yang sudah disebutkan, faktor lain yang mempengaruhi rajin tidaknya ayam pelung berkokok adalah birahinya. 

Jika ayam jantan terlalu sering didekatkan dengan ayam pelung betina maka ia akan sering berkokok demi menarik perhatian lawan jenisnya tersebut. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering mencampur ayam pelung jantan dan betina. jika sudah maksimal, harga ayam pelung yang berkokok secara meksimal mempunyai harga yang sangat tinggi tentunya. Demikian yang dapat dibagikan mengenai tips cara melatih suara ayam pelung agar rajin berkokok, selamat mencoba.