4 Tips Memilih Bibit Ikan Koi Yang Berkualitas

Salah satu kunci budidaya ikan koi agar berhasil adalah dari pemilihan bibitnya. Tips memilih bibit ikan koi harus diketahui oleh semua calon pengusaha budidaya ikan koi agar budi dayanya berhasil. Sebenarnya ikan koi yang bagus tergantung dari selera masing-masing, namun ada kriteria khusus agar ikan koi yang dijadikan bibit dapat menghasilkan ikan koi yang berkualitas bagus. 

Nah, untuk para pembudidaya ikan koi wajib tahu bagaimana kriteria bibit ikan koi yang bagus.  Tips memilih bibit ikan koi yang akan dijadikan indukan haruslah memenuhi 4 kriteria tertentu. Adapun keempat kriteria indukan bibit ikan koi yang berkualitas bagus yaitu:
"Tips memilih bibit ikan koi untuk indukan harus dilihat dari kualitas warna, pola warna, bentuk badan, dan asal-usul keturunan dari bibit ikan koi yang dipilih"

1. Pola warna ikan seimbang

Bibit ikan koi murah memang sangat banyak tapi belum tentu setiap bibit ikan koi memenuhi standar untuk dijadikan sebagai indukan. Salah satu kriteria agar ikan koi bisa dijadikan indukan adalah mempunyai pola warna yang seimbang. Pola warna ikan koi memang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Untuk bisa dijadikan indukan yang unggul maka pola pada ikan koi haruslah seimbang. Yang dimaksud dengan seimbang adalah tidak ada warna yang terlalu menonjol ataupun terlalu sedikit. Pola warna ini harus diteliti secara seksama.

2. Warna harus cemerlang

Tips memilih bibit ikan koi yang selanjutnya yaitu harus dipilih yang warnanya cemerlang. Setiap ikan mempunyai warna yang berbeda dengan tingkat kecerahan yang berbeda pula. Untuk dijadikan sebagai indukan maka ikan koi wajib mempunyai warna yang cemerlang. Warna cemerlang pada ikan ditandai dengan warna sisik yang cerah dan tidak gelap. Selain itu, warna yang cemerlang pada ikan bisa dilihat dari warna corak tubuh ikan. Jika warna ikan semakin cemerlang dan tidak bernoda, maka ikan koi tersebut termasuk jenis ikan koi bagus.

3. Bentuk badan harus sempurna

Bentuk badan yang sempurna merupakan ciri bibit ikan koi import yang berkualitas. Tips memilih bibit ikan koi yang berkualitas dari bentuk badannya ini bisa dilihat dari lekuk badan ikan. Ikan koi yang bagus tidak mempunyai cacat pada tubuhnya dan mempunyai garis punggung yang lurus. Untuk melihat garis punggung ikan koi ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengamati ikan koi dari atas. Tidak hanya bentuk badan saja tapi juga bentuk sirip juga harus diperhatikan. Pastikan tiada ada cacat pada sirip ikan.

4. Ikan dari keturunan yang berkualitas

Tips memilih bibit ikan koi yang terakhir adalah dengan memperhatikan keturunan indukan. Pastikan jika indukan yang dipilih merupakan indukan yang mempunyai keturunan yang bagus. Dengan indukan yang berkualitas bagus maka ikan koi yang dihasilkan juga bagus. Anda bisa menanyakan kepada penjual bibit ikan koi mengenai keturunan dari ikan koi yang akan dibeli. Pastikan jika dulunya ikan koi yang dijadikan bibit berasal dari indukan yang mempunyai kualitas yang unggul. Untuk memastikan bisa langsung cek dari keadaan seluruh tubuh ikan koi itu.

Dengan 4 tips memilih bibit ikan koi diatas Anda bisa mendapatkan indukan ikan koi yang berkualitas bagus. Kriteria ini merupakan acuan awal bagi para pengusaha ikan koi untuk memilih bibit yang unggul. Indukan ikan koi yang berkualitas bagus tentunya akan menghasilkan ikan koi yang berkualitas pula. Agar Anda tidak salah pilih bibit, maka Anda perlu ketelitian dalam membeli bibit ikan koi. Sebaiknya bibit dibeli dari pengusaha budidaya ikan koi yang sudah berpengalaman dan memang membudidayakan bibit indukan ikan koi. pelajari bibit ikan yang lain disini