5 Jenis dan Harga Ikan Cupang

Pada kesempatan kali ini akan dibagikan jenis dan harga ikan Cupang di pasaran saat ini. Namun sebelum itu ketahui terlebih dahulu apa itu ikan Cupang. Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki penampilan tubuh yang cantik. Ikan yang satu ini banyak dipelihara bagi para penggemarnya di akuarium mungil. Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Ikan Cupang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu ikan Cupang hias, ikan Cupang adu dan ikan Cupang liar.

Ikan Cupang sendiri tersedia dalam banyak jenis dan setiap jenis-jenisnya memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Bagi Anda yang belum mengetahui jenis dan harga ikan Cupang yang ada saat ini, silakan simak uraian berikut:

1. Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan Cupang yang satu ini merupakan jenis ikan Cupang yang sangat populer. Ikan Cupang ini memiliki sirip dan ekor yang terlihat menyatu. Sirip dan ekornya yang menyatu tersebut tampak membentuk setengah lingkaran atau biasa disebut halfmoon. Ikan Cupang ini banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai ikan hias di rumah. Harga ikan Cupang hias yang satu ini cukup terjangkau, mulai dari 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per ekornya. Namun semakin cantik coraknya. maka harga akan semakin mahal.

2. Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan Cupang yang satu ini termasuk ikan Cupang yang langka karena cukup sulit untuk dibudidayakan. Jika dilihat sekilas, ikan Cupang Double Tail mirip dengan ikan Cupang Halfmoon. Hanya saja jika diperhatikan, ekornya terbelah sehingga tampak bercagak 2. Oleh sebab itu, nama yang diberikan adalah Double Tail atau ekor dobel. Untuk jenis ikan Cupang langka ini ditawarkan dengan harga yang sangat mahal, paling murah biasanya 10 ribu rupiah per ekor.

3. Ikan Cupang Crown Tail

Jenis dan harga ikan Cupang ini merupakan jenis ikan Cupang yang banyak diminati. Ikan Cupang ini memiliki ekor yang sangat unik sehingga sangat mudah sekali untuk membedakannya dari jenis ikan Cupang lainnya. Ikan Cupang ini memiliki ekor yang mirip dengan mahkota, membuatnya terlihat begitu indah. Harganya sendiri sangat beragam sesuai dengan keindahan ikan Cupang ini sendiri. Ikan Cupang dengan ekor mahkota ini ditawarkan dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah.

4. Ikan Cupang Plakat

Untuk Anda yang sedang mencari jenis dan harga ikan Cupang, kenali juga jenis ikan Cupang yang satu ini. Ikan Cupang jenis ini merupakan ikan Cupang aduan. Tidak banyak yang memeliharanya untuk menjadi ikan hias, karena arti dari namanya sendiri adalah tarung yang diambil dari bahasa Thailand. Sama seperti ikan Cupang Crown Tail, ikan Cupang Plakat ditawarkan dengan harga mulai 5 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah. 

5. Ikan Cupang Giant

Satu lagi jenis dan harga ikan Cupang yang dapat Anda ketahui yaitu ikan Cupang Giant. Ikan Cupang yang satu ini memiliki badan yang berukuran lebih besar dari ikan Cupang pada umumnya. Biasanya ikan jenis ini merupakan hasil kawin silang dari berbagai jenis ikan Cupang. Panjangnya bisa mencapai 12 cm dan harganya relatif mahal, mulai 50 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah.

Gambar & Foto Ikan Cupang

Itulah jenis ikan Cupang lengkap dengan kisaran harganya di pasaran. Jika Anda ingin membeli ikan Cupang, belilah sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda. Jika ingin dijadikan ikan hias saja maka pilih ikan Cupang hias yang memiliki penampilan cantik. Dari uraian jenis dan harga ikan Cupang tersebut, Anda tentu memiliki setidaknya 1 jenis ikan Cupang yang Anda lirik.