5 Jenis Ikan Koi Dengan Harga Fantastis Yang Menjanjikan Untuk Dibudidayakan

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan peliharaan yang banyak disukai orang. Jenis ikan koi ini sekilas memang hampir mirip dengan ikan mas, tapi jika diperhatikan antara ikan koi dan ikan mas sangat berbeda. Perbedaan ini terlihat jelas dari jenis dan harga ikan koi serta ikan mas. 

Perlu Anda ketahui bahwa ikan koi sendiri bukanlah ikan asli Indonesia melainkan ikan asli Jepang. Dikatakan ikan asli Jepang karena awal pembudidayaan ikan koi ini berasal dari Jepang. Tidak salah jika jenis-jenis ikan koi saat ini menggunakan bahasa Jepang. Untuk Anda yang ingin budidaya ikan koi sebaiknya tahu jenis dan harga ikan koi saat ini. Berikut ini akan diberikan jenis-jenis ikan koi terbaik yang biasa dibudidayakan:

1. Ikan Koi Gosanke

Jenis ikan koi ini merupakan ikan koi dengan corak warna yang paling banyak. Corak warna ikan koi ini ada 3 yaitu putih, hitam, dan merah. Ikan koi Gosanke ini diklasifikasikan lagi menjadi tiga jenis, yaitu ikan kois Showa, Sanke, dan Kohaku. Koi Showa mempunyai pola warna yang lengkap dan padat diseluruh tubuhnya. Sedangkan ikan kopi Sanke warnanya tidak terlalu padat. Berbeda dengan ikan koi Kohaku yang hanya berwarna putih dan merah saja.

2. Ikan Koi Bekko

Jenis dan harga ikan koi lainnya yang juga cukup mahal adalah ikan koi Bekko. Ikan Koi Bekoko ini mempunyai dua corak saja pada tubuhnya. Ada dua jenis koi Bekko ini yaitu ikan koi Shiro Bekko dan ikan koi Ki Bekko. Untuk ikan Shiro Bekko mempunyai dua warna yaitu warna dasar putih dengan corak hitam. Sedangkan ikan koi Ki Bekko warna dasarnya kuning dan coraknya hitam. Adalagi Aka Bekko yang mempunyai warna dasar kuning tua dengan corak hitam, namun warna sirip dari ikan ini adalah putih.

3. Ikan Koi Utsurimono

Jenis ikan koi lainnya yang cukup unik adalah ikan koi Utsurimono. Ikan koi ini mempunyai warna dasar hitam ditambah dengan warna lain pada coraknya. Harga ikan koi besar untuk jenis ini cukup mahal, hal ini dikarenakan warna coraknya yang unik dan tidak mudah untuk ditemukan. Jenis ikan koi ini terdiri atas beberapa jenis lagi Shiro Utsuri, Ki Utsuri dan Hi Utsuri. Semua jenis ikan koi ini didominasi dengan warna hitam.

4. Ikan Koi Asagi

Jenis dan harga ikan koi yang lainnya yaitu koi Asagi. Ikan koi ini mempunyai corak warna yang unik dan sangat mudah dibedakan dengan ikan koi jenis lainnya. Warna dasar dari ikan ini adalah putih degan corak hitam diatasnya dan pada bagian samping terdapat aksen warna merah. Keunikannya ini membuat ikan koi ini cukup mahal harganya dipasaran.

5. Ikan Koi Tancho

Ikan koi Tancho merupakan jenis ikan koi dengan corak yang unik. Jenis dan harga ikan koi ini memang tidak semahal yang lainnya, namun keunikannya menjadi daya tarik tersendiri. Bentuk corak dari ikan koi ini hanya berupa corak hitam menyerupai anggur pada bagian atas kepala. Corak yang unik ini membuat ikan ini tergolong ikan unik dan langka.

Dari daftar harga ikan koi dan jenisnya ini tentunya bisa dijadikan sebagai patokan Anda dalam melakukan budidaya dan penjualan ikan koi. Usaha budidaya ikan koi ini memang cukup menjanjikan, selain mudah dibudidayakan ikan koi juga dapat memberikan keuntungan yang besar. Jadi jangan ragu lagi untuk memulai usaha budidaya ikan koi ini. Untuk jenis dan harga ikan koi yang akan dibudidayakan bisa berpatokan dari daftar ini.