6 Langkah Cara Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula (Mudah & Menghasilkan)

Cara budidaya ikan koi tergolong sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Hal ini dikarenakan untuk melakukan budidaya ikan koi tidak membutuhkan lahan yang sempit. Selain mudah dan murah, melakukan budidaya ikan koi juga mempunyai banyak keuntungan. Apalagi sekarang ini ikan koi tergolong ikan dengan harga yang mahal. Sehingga hal ini menyebabkan para pengusaha budidaya ikan koi bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Nah, bagi Anda pemula yang ingin membudidayakan ikan koi harus dimulai dari sekarang.

Cara budidaya ikan koi bisa dilakukan dengan berbagai media termasuk media terpal ataupun kolam. Untuk pemula sangat disarankan untuk menggunakan terpal terlebih dahulu sebagai kolamnya. Cara budidaya ikan koi dikolam terpal tergolong sangat mudah. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam terpal ini juga relatif murah. Nah, berikut ini tahapan dalam membudidayakan ikan koi dengan kolam terpal:

1. Pembuatan kolam

Langkah pertama dalam membudidayakan ikan koi adalah membuat kolam. Untuk para pemula sangat disarankan untuk menggunakan kolam akuarium ataupun kolam ikan. Dua jenis kolam ini sangat aman dan efektif untuk membudidayakan ikan koi dalam jumlah besar. Pastikan kolam yang akan digunakan untuk membudidayakan ikan koi benar-benar bersih dan tidak tercampur zat kimia yang berbahaya. selengkapnya tentang pembuatan kolam ikan dapat dilihat disini

2. Pemilihan bibit ikan

Cara budidaya ikan koi yang selanjutnya adalah pemilihan bibit ikan. Pemilihan bibit ikan koi ini dilakukan dengan cara memilih indukan ikan koi yang berkualitas. Indukan ikan koi yang berkualitas ini bisa didapatkan langsung dari penjual bibit ikan. Harga bibit ikan yang berkualitas tinggi memang tidaklah murah, namun bisa dipastikan jika hasil dari pembibitannya akan berkualitas bagus dan lebih menguntungkan. lihat disini untuk selengkapnya Bibit Ikan

3. Penempatan bibit ikan

Setelah bibit dan kolam siap maka langkah selanjutnya dalam membudidayakan ikan koi adalah menempatkan bibit ikan pada kolam. Pada awalnya, bibit ikan ditempatkan dalam kolam pemijahan. Setelah sukses pemijahan induk ikan dan anak ikan dipisahkan dalam kolam yang berbeda. Pemisahan ini dilakukan agar indukan tidak memakan ikan-ikan koi kecil. Selain itu, ikan koi anakan juga perlu dipisahkan berdasarkan ukurannya.

4. Pengaturan air dalam kolam

Cara budidaya ikan koi yang selanjutnya yaitu mengatur air dalam kolam. Pastikan air dalam kolam ikan koi mempunyai tingkat keasaman antara 8,5 sampai 6,5. Selain itu, gunakanlah filter air untuk menyaring air agar tidak keruh. Air yang keruh bisa menyebabkan ikan koi gagal untuk dipanen atau mati. Kualitas air memang sangat diperhatikan dalam membudidayakan ikan koi.

5. Pemberian pakan ikan

Cara memelihara ikan koi dikolam juga perlu memperhatikan asupan makanan yang diberikan. Makanan yang diberikan pada ikan koi tidak boleh terlalu banyak. Hal ini dikarenakan makanan yang terlalu banyak justru mengundang penyakit dan membuat air menjadi keruh. lihat tips pakan ikan disini

6. Penambahan ikan jika diperlukan

Cara budidaya ikan koi yang terakhir adalah ketika akan menambahkan ikan koi yang baru. Penambahan ikan koi baru pada kolam ikan koi tidak boleh dilakukan secara langsung. Perlu adanya penyesuaian terlebih dahulu sehingga ikan tidak akan mudah stres.

Cara budidaya ikan koi dikolam dengan bahan terpal ataupun semen sama saja. Hanya saja untuk kolam semen membutuhkan lahan yang lebih luas. Jika ingin lebih hemat, maka Anda bisa menggunakan akuarium sebagai media untuk membudidayakan ikan koi yang harganya mahal ini. Setelah mengetahui bagaimana cara budidaya beberapa jenis ikan koi yang sangat mudah ini, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba membudidayakan ikan asli Jepang ini.