7 Ciri - Ciri Ayam pelung Berkualitas Bagus Dilihat dari Fisiknya

Tahukah Anda apa saja ciri-ciri ayam pelung berkualitas? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, silakan baca dan simak penjelasannya berikut ini. Ayam pelung adalah ternak ayam yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Ayam pelung banyak dipelihara sebagai ayam hias yaitu karena suara ayam pelung yang merdu dan mampu berkokok lama. Tidak seperti pemeliharaan ayam lain yang banyak dipelihara demi mendapatkan daging atau telurnya, pemeliharaan ayam pelung umumnya berdasarkan atas hobi. Saat ini ada banyak orang yang memiliki hobi beternak ayam Pelung dan jual beli pelung walau hanya untuk skala kecil-kecilan.

Peminat ayam pelung di Indonesia sangat banyak, ayam ini banyak dicari dan dipelihara untuk diikutsertakan dalam perlombaan. Namun ayam pelung yang dilombakan bukan ayam pelung asal, tentunya harus memiliki kualitas yang bagus. jika sudah bagus tentunya harga ayam pelung akan naik

Lalu, apa saja ciri-ciri ayam pelung berkualitas bagus tersebut? Ini dia ciri-cirinya:

- Postur tubuh besar

Ayam pelung yang berkualitas bagus adalah ayam pelung yang memiliki tubuh besar dan juga gagah. Ayam pelung dengan ukuran yang besar kurang lebih memiliki bobot hingga 5 kg. Bayangkan betapa gagahnya ayam pelung dengan bobot tersebut. Didukung dengan ukuran tubuh yang besar, ayam pelung ini mampu berkokok lama dan dengan suara yang merdu.

- Sayap kokoh

Ciri ayam pelung bagus selanjutnya yaitu ayam pelung yaitu ayam pelung yang memiliki sayap kokoh. Selain kedua sayapnya yang kokoh, ayam pelung yang bagus juga memiliki bulu yang lebat dan juga berwarna mengkilap bahkan rapi pada kedua sayapnya.

- Leher besar

Ciri lain ayam pelung dengan kualitas yang bagus yaitu memiliki leher yang besar dan juga panjang. Selain itu, bulu-bulu di leher tampak lebat dan dengan warna-warna yang bervariasi. Leher ayam pelung yang bagus terdapat tembolok yaitu berada di tengah-tengah secara simetris. Ciri-ciri ayam pelung berkualitas juga dapat ditandai dari temboloknya yang berukuran sangat besar.

- Kepala bundar

Ayam pelung dengan kualitas yang bagus biasanya memiliki kepala yang bundar. Namun ada juga beberapa yang memiliki kepala lonjong. Baik bundar ataupun lonjong, ayam pelung yang berkualitas akan memiliki kepala yang berukuran besar. 

- Dada kokoh

Ciri-ciri ayam pelung berkualitas berikutnya yaitu ayam pelung memiliki dada yang kokoh dan juga kuat. Dadanya juga bidang dan ayam pelung terlihat beringas dan memiliki sifat pemberani.

- Jengger besar

Ayam pelung yang bagus memiliki jengger yang besar dan juga tebal menjulang. Jengger tersebut tampak berwarna merah pekat dan pialnya juga memiliki warna merah.

- Kaki panjang dan kuat

Satu lagi ciri-ciri ayam pelung yang bagus yaitu memiliki kaki yang panjang dan juga kuat. Begitu pula dengan cakarnya yang terasa sangat kuat. Kaki ayam pelung yang berkualitas biasanya berbentuk persegi dan disertai dengan sisi kaki yang bersih dan rapi. Warna kaki ayam pelung biasanya hitam kebiruan. Namun untuk ayam pelung yang memiliki kaki berwarna kuning umumnya adalah hasil dari kawin silang dengan ayam kampung. Anda harus mengenali ciri-ciri ayam pelung berkualitas dengan baik.

Itulah ciri-ciri dari ayam pelung yang berkualitas yang dapat dibagikan. Bagi Anda yang berniat ingin membeli ayam pelung, pilihlah ayam pelung yang memiliki ciri-ciri tersebut. Ayam pelung dengan ciri-ciri tersebut memiliki suara kokok yang panjang, merdu dan tidak serak. Semakin bagus fisik ayam pelung, maka akan semakin bagus pula suara ayam pelung. Jika Anda ingin mengikutsertakan ayam pelung Anda di perlombaan, maka jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan secara tepat. Demikian ulasan mengenai ciri-ciri ayam pelung berkualitas, semoga dapat bermanfaat.