Cara Melatih Suara Ayam Ketawa Agar Sering Berkokok Merdu

Untuk Anda yang sedang bingung mencari cara melatih suara ayam ketawa, silakan simak pembahasan berikut ini. Ayam ketawa adalah jenis ternak hias yang banyak dibudidayakan untuk dilombakan. Ayam ketawa merupakan ayam hias yang diminati karena suaranya, seperti nama yang diberikan. Ketawa atau tertawa, suara ayam hias yang satu ini memang mirip dengan suara orang tertawa. Oleh sebab itu, nama yang diberikan untuk ayam hias ini adalah ketawa. Untuk harga ayam ketawa ditawarkan hingga jutaan rupiah per ekornya.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis sampingan yang menguntungkan, Anda dapat membudidayakan ayam ketawa. Keuntungan yang dapat Anda kantongi cukup besar mengingat banyak peminat ayam ketawa yang siap membayar dengan harga tinggi untuk ayam ketawa berkualitas unggul. Namun untuk mendapatkan ayam ketawa yang berkualitas unggul diperlukannya cara melatih suara ayam ketawa yang tepat. Jika perawatan ayam ketawa kurang tepat, ayam ketawa tidak akan mampu berkokok dengan baik. Bahkan ayam ketawa akan malas untuk berkokok dan membuatnya memiliki nilai jual rendah.

Jika Anda tidak ingin merugi dan ingin menjadi peternak ayam ketawa yang sukses, cobalah tips berikut ini. Tips berikut ini merupakan tips cara merawat ayam ketawa suara panjang yang dapat Anda ketahui:

1. Bersihkan kandang

Dalam merawat kandang ayam ketawa, sebaiknya Anda lakukan dengan benar, bersihkanlah secara rutin. Merawat ayam ketawa tidak hanya fokus pada ayamnya saja tetapi juga kandang dan lingkungannya. Jika kandang dan lingkungannya kurang atau bahkan tidak mendukung kesehatan ayam ketawa, maka ayam ketawa akan malas untuk berkokok.  Oleh sebab itu, lakukan cara melatih suara ayam ketawa yang satu ini secara rutin.

2. Mandikan ayam

Tips lain agar ayam ketawa memiliki suara yang merdu ketika berkokok panjang yaitu dengan rajin memandikannya. Paling tidak mandikan ayam ketawa 3 hari sekali, lebih baik lagi jika setiap hari dapat dimandikan. Setelah dimandikan, maka Anda dapat menjemurnya selama kurang lebih 30 menit. Cara melatih suara ayam ketawa ini memang mirip dengan perawatan burung kicau. Bagaimana tidak, ayam ketawa ini juga dipelihara demi suara kokoknya layaknya burung kicau yang dipelihara demi suara kicaunya.

3. Biarkan ayam mendengar suara ayam ketawa lain

Jika Anda terbiasa dengan istilah pemasteran untuk burung kicau, kali ini Anda juga dapat menggunakannya untuk pemeliharaan ayam ketawa. Anda dapat memperdengarkan ayam ketawa yang Anda pelihara dengan suara ayam ketawa lain yang sedang berkokok panjang. Anda dapat merekam sendiri pada ayam-ayam ketawa yang unggul atau sekedar mendownloadnya dari internet. Download suara ayam ketawa dapat dilakukan dengan mudah dan manfaatkan demi melatih ayam ketawa milik Anda.

4. Berikan pakan yang kaya akan nutrisi

Cara melatih suara ayam ketawa selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pakan yang diberikan. Pakan juga berpengaruh pada pandai tidaknya ayam ketawa dalam berkokok. Jika ayam ketawa tidak diberi pakan yang cukup bergizi, maka ayam ketawa tidak dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Oleh sebab itu, ayam ketawa menjadi enggan untuk berkokok, bahkan dengan suara yang merdu. Untuk itu, berikan pakan yang kaya akan gizi dan nutrisi untuk untuk mendapatkan suara ayam Ketawa juara.

Itulah tips mudah untuk melatih ayam ketawa agar pandai berkokok dengan suara yang merdu dan panjang. Bagi Anda yang mampu melatih ayam ketawa dengan baik, maka Anda sendiri yang akan mendapatkan keuntungannya. Anda dapat menjual ayam ketawa super tersebut dengan harga yang sangat tinggi kepada peternak lain. Pastikan Anda melakukan cara melatih suara ayam ketawa dengan baik dan benar demi keuntungan yang akan Anda peroleh nanti.