Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis Sederhana yang Mudah Dilakukan

Cara membuat kolam ikan minimalis berikut ini dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mempercantik rumah. Dengan membuat kolam ikan minimalis, rumah Anda akan semakin indah dan tentunya dapat menyegarkan pikiran. Tidak hanya itu saja, suasana rumah Anda menjadi lebih nyaman dan berbeda. Anda akan semakin merasa betah berada di rumah, terutama jika Anda mampu membuat kolam ikan minimalis yang cantik dan indah. Kenapa harus kolam dan bukannya menggunakan akuarium? Jangan salah, pembuatan kolam ikan lebih banyak kelebihannya dibanding hanya menggunakan akuarium.
"Cara membuat kolam ikan minimalis sangat mudah, dapat memanfaatkan lahan terbatas. Kolam ikan sendiri dapat mempercantik rumah sehingga memiliki suasana baru"
Dibandingkan akuarium, kolam ikan lebih alami dan lebih indah. Pembuatan kolam ikan saat ini tidak harus membutuhkan lahan yang cukup besar. Anda juga dapat mencoba cara membuat kolam ikan minimalis berikut ini. Di mana Anda hanya membutuhkan lahan yang mungil sesuai dengan konsep pembuatan kolam tersebut. Walaupun memiliki ukuran mungil, namun bukan berarti tidak dapat dijadikan sebagai tempat tinggal ikan. Lalu bagaimana cara membuat kolam ikan sederhana minimalis? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pemilihan lokasi

Lokasi yang paling disarankan untuk pembuatan kolam ikan minimalis adalah di pekarangan depan rumah. Namun Anda juga dapat membuat kolam ikan minimalis di samping, di belakang atau bahkan di dalam rumah. Kemudian pilih bagian sudut rumah, lokasi tersebut sangat tepat untuk dibuat kolam.

2. Memilih bentuk dan ukuran kolam

Cara membuat kolam ikan minimalis selanjutnya yaitu dengan memilih bentuk dan ukuran kolam. Bentuk yang dapat Anda gunakan tidak harus bulat memanjang atau hanya sekedar persegi saja. Anda dapat memilih salah satu bentuk dari banyaknya model-model kolam ikan minimalis saat ini. Setelah Anda menentukan pilihan Anda, lanjutkan dengan menyesuaikan ukurannya. Ukuran kolam sangat ditentukan juga oleh luas lahan yang akan Anda gunakan. Oleh sebab itu langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi.

3. Gunakan batu alam dan tanaman hias

Ada banyak sekali contoh kolam ikan minimalis yang dapat Anda lihat saat ini. Dari banyaknya contoh yang ada, Anda dapat melihat kolam-kolam ikan tersebut banyak menggunakan batu alam. Penggunaan batu alam ini bukan tanpa alasan, Anda juga dapat melakukannya demi membuat kolam ikan minimalis yang cantik dan tampak alami. Selain itu gunakan juga tanaman hias yang akan memaksimalkan penampilan cantik kolam ikan minimalis Anda. Cara membuat kolam ikan minimalis dengan menggunakan batu alam juga dapat membantu agar udara di sekitar kolam menjadi lebih segar.

4. Pengaturan air

Jika Anda sudah selesai membuat kolam, langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan air. Dalam hal ini, Anda dapat membuat saluran air yang baik sehingga kebutuhan air pada kolam dapat terpenuhi. Agar terlihat lebih alami, cobalah untuk menuangkan kreativitas Anda dalam pembuatan saluran air. Misalnya saja Anda dapat menyamarkannya dengan menggunakan guci, air akan terlihat keluar dari guci. Cara membuat kolam ikan minimalis dapat Anda lakukan sesuai dengan kreativitas Anda, perbanyaklah mencari referensi atau contoh-contohnya.

Gambar Kolam Minimalis




Jika kolam ikan minimalis selesai Anda buat, langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu mengisi kolam dengan ikan hias. Anda dapat menggunakan ikan hias apa saja yang Anda inginkan untuk dipelihara di kolam minimalis tersebut. Sebaiknya Anda memilih ikan-ikan hias yang cantik agar kolam hias depan rumah kolam minimalis Anda juga semakin cantik. Bagaimana, sangat mudah bukan membuat kolam minimalis di pekarangan rumah? Jika Anda sangat mendambakan kolam minimalis ini, segera coba dan praktekkan tips cara pembuatan kolam minimalis tersebut. Sekian yang dapat disampaikan mengenai cara membuat kolam ikan minimalis.