Info Harga Ayam pelung Cianjur Terlengkap (Update)

Harga ayam pelung cianjur semakin hari semakin mahal seiring meningkatnya minat masyarakat Indonesia pada jenis ternak ayam yang satu ini. Berbeda dengan ayam jenis lain yang umumnya banyak dipelihara untuk mendapatkan daging atau telurnya. Untuk pemeliharaan ayam pelung banyak dilakukan untuk dilombakan. Oleh sebab itu, harga ayam pelung sebagai ayam hias lebih mahal dibandingkan ayam petelur atau ayam pedaging. Ayam pelung asli Cianjur memang mampu mencuri hati para penggemarnya berkat suara ayam pelung yang merdu. Semakin baik perawatan yang diberikan maka semakin lincah pula ayam pelung dalam berkokok.

Bagi para peternak ayam pelung cianjur, usaha yang dilakoni adalah usaha yang sangat menguntungkan. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri mengingat harga ayam pelung cukup tinggi di pasaran. Yang membuat ayam pelung dijual mahal di pasaran adalah karena ayam pelung merupakan ayam yang pandai berkokok. Dengan kata lain, harga ayam pelung Cianjur sangat dipengaruhi oleh kepiawaiannya dalam berkokok. Semakin bagus dan merdu kokok suaranya, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Begitu juga sebaliknya, semakin ayam pelung malas berkokok maka harga jualnya akan semakin rendah.

Keuntungan para peternak ayam pedaging dipengaruhi dari pertumbuhan ayam, berbeda dengan keuntungan dari peternakan ayam Pelung Cianjur. Keuntungan para peternak ayam pedaging akan besar jika ayam-ayamnya dapat tumbuh baik dan memiliki bobot yang tinggi. Berbeda dengan para peternak ayam hias yang satu ini, para peternak ayam pelung mendapatkan keuntungan bukan dari ukuran ayamnya. Bahkan jika ayam-ayamnya berukuran besar dapat dijual murah hanya karena ayam tidak pandai berkokok. Untuk itu, perawatan yang tepat sangat dianjurkan agar pandai berkokok dan harga ayam pelung Cianjur tersebut tinggi.

Bahkan untuk ayam pelung dengan fisik yang kecil, jika suara kokoknya bagus maka harganya akan mahal. Lalu berapakah kisaran harga ayam pelung di pasaran? 

Jika Anda tidak tahu, berikut adalah kisaran harga ayam pelung Cianjur yang dapat Anda ketahui:

- Usia 1 sampai 3 bulan

Untuk ayam pelung yang masih berusia 1 sampai 3 bulan biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah sampai 450 ribu rupiah.

- Usia 3 sampai 6 bulan

Ayam pelung Cianjur yang sudah berusia 3 bulan sampai 6 bulan ditawarkan dengan harga mulai 400 ribuan. Semakin bagus kualitas ayam tersebut maka akan semakin pula penawaran harganya. Harga ayam pelung cianjur termahal untuk usia 3 sampai 6 bulan yaitu sekitar 2,5 juta rupiah per ekor.

- Usia dewasa

Bagi ayam pelung yang sudah dewasa atau siap untuk kontes biasanya ditawarkan dengan harga paling murah sekitar 1 juta rupiah. Dengan kata lain, harga akan semakin mahal jika ayam pelung tersebut memiliki kualitas suara yang sangat bagus tentunya dengan ditopang ciri ayam pelung yang berkualitas dan baik juga.

Harga yang disebutkan di atas adalah perkiraan harga ayam pelung dijual di pasaran saat ini. Dengan kata lain, harga tidak harus sama persis karena kualitas ayam pelung dapat berbeda-beda. Jika Anda ingin menekuni usaha budidaya ternak ayam pelung, Anda dapat segera melakukannya. 

Peluang usaha yang satu ini masih terbuka lebar dan prospeknya sangat bagus. Anda dapat memulai budidaya ternak ayam pelung ini mulai dari skala kecil-kecilan sebagai bisnis sampingan. Jika Anda sudah dapat mengembangkannya, Anda dapat memperluas pembudidayaan yang Anda lakukan. Anda dapat memulai usaha ini dengan membeli bibit ayam pelung dengan kualitas yang paling unggul. Dengan bibit yang berkualitas unggul tentunya akan menghasilkan ayam pelung dengan suara super dan juara. Harga ayam pelung cianjur cukup tinggi, Anda harus cerdas membeli bibitnya untuk mendapatkan harga murah.

1 komentar :

Unknown

Assalamu'alaikum, saya erwin dari cianjur. Saya mau bertanya tentang harga anak ayam pelung berapa ?