Ini Dia 6 Jenis dan Harga Ayam Ketawa Terlengkap

Jika selama ini Anda bertanya-tanya mengenai jenis dan harga ayam ketawa, pastikan Anda membaca uraian berikut. Ayam ketawa sendiri merupakan jenis ternak hias, memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibanding ayam pedaging atau petelur. Namun ayam ketawa dapat bertelur sekitar 11 sampai 13 butir dalam sekali bertelur. Sayangnya tidak semua telur ayam ketawa dapat ditetaskan karena daya tetas setiap telur berbeda-beda. Menariknya, ayam ketawa terbagi menjadi beberapa jenis. Harga yang dibanderol untuk setiap jenisnya juga cukup bervariasi, untuk penjelasan lebih lengkapnya simak pembahasan berikut.

Jenis-Jenis Ayam ketawa dan Kisaran Harganya

Untuk Anda yang ingin mengetahui daftar harga ayam ketawa beserta dengan jenis-jenisnya, Anda dapat membaca pembahasan berikut ini. Ayam ketawa tidak memiliki fisik yang berbeda jauh dari ayam-ayam pada umumnya. Jika dilihat sekilas dari fisiknya, maka tampak seperti ayam kampung atau ayam-ayam lainnya. Yang membuat ayam ketawa memiliki nilai jual yang tinggi yaitu suara kokoknya yang mirip seperti orang tertawa. Semakin bagus suara kokoknya, maka akan semakin mahal pula harga yang akan ditawarkan. Lalu, apa saja jenis-jenisnya dan berapakah harganya? Ini dia jenis dan harga ayam ketawa selengkapnya:

1. Ayam ketawa Korro

Ayam ketawa yang satu ini memiliki warna dominan hitam, terdapat beberapa bulu berwarna kuning, putih dan hijau. Beberapa variasi warna bulu tersebut biasanya terdapat di leher dan ekor ayam ketawa. Untuk jenis ayam ketawa ini biasanya memiliki kaki hitam, ada juga yang berkaki kuning. Untuk harga, ayam ketawa ini ditawarkan dengan harga hingga jutaan rupiah per ekornya.

2. Ayam ketawa Bakka

Jenis dan harga ayam ketawa memang cukup bervariasi, salah satu jenisnya yaitu ayam ketawa Bakka. Ayam ketawa ini memiliki warna bulu yang dominan adalah putih, lebih banyak pada bagian badannya. Sementara untuk leher dan ekor biasanya berwarna hitam, oranye ataupun merah. Kaki ayam ketawa ini biasanya memiliki warna putih, ada juga yang hitam. Harga ayam ketawa ini ditawarkan mulai ratusan ribu rupiah.

3. Ayam ketawa Bori Tase

Jenis ayam Ketawa yang satu ini memiliki warna bulu yang dominannya adalah warna merah. Ada pula hiasan warna kuning keemasan untuk bulu leher dan juga ekornya. Ekornya didominasi dengan bulu berwarna hitam, kaki ayam ketawa ini juga berwarna hitam. Untuk harga, ayam ketawa ini ditawarkan dengan harga mulai 100 ribu rupiah.

4. Ayam ketawa Lappung

Ayam ketawa jenis ini memiliki dasar bulu hitam dan merah hati. Selain itu, ciri khas dari jenis ayam ketawa yang satu ini yaitu memiliki mata putih. Harganya cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

5. Ayam ketawa Ceppaga

Ayam ketawa yang satu ini memiliki kaki hitam dan warna bulu yang dominan hitam. Namun uniknya warna hitam tersebut disertai dengan bintik putih di seluruh tubuhnya. Keunikan yang dimilikinya tersebut yang membuat ayam ini ditawarkan dengan harga tinggi. Harganya di pasar ternak dapat menjadi jutaan rupiah jika sudah berusia dewasa. Jenis dan harga ayam ketawa yang bervariasi memang menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin membudidayakan ayam ketawa. 

Sebenarnya masih ada satu lagi jenis ayam ketawa yaitu 6. ayam ketawa Ijo Buota. Ayam ketawa yang satu ini mirip dengan ayam cemani namun memiliki warna bulu hijau dan merah tua di seluruh tubuhnya. Terutama di bagian sayap dan juga jenggernya, terlihat berbeda dari ayam cemani pada umumnya. Seperti yang sudah disebutkan, harga ayam ketawa sangat beragam dan tidak berdasarkan pada jenisnya. Harga yang ditawarkan tergantung dari kemampuan berkokok ayam ketawa. Itulah jenis dan harga ayam ketawa yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat.

1 komentar :

Anisa Fitriyanti

Kalau ayam bakka yang berumur 1 tahun lebih ....kira kira berapa harganya