Ini Dia Perbedaan Ayam Serama dan Ayam Kate, Jangan Sampai Salah Sebut Bro !!!

Bagi Anda pecinta ternak ayam hias, salah satu ayam hias yang sedang naik daun adalah ayam serama. Ayam serama berasal dari negeri jiran. Bentuk ayam serama sangat mungil, hal ini membuat orang awam jadi susah membedakannya dengan ayam kate. Padahal perbedaan ayam serama dan ayam kate sesungguhnya bisa mudah dilihat hanya dari ciri-ciri fisik dan tingkah lakunya. Nah, agar Anda tidak salah beli, simak perbedaan kedua jenis ayam tersebut dibawah ini. 

Beberapa Perbedaan Ayam serama dan Ayam Kate

Beda ayam serama dan ayam kate bisa dilihat dengan mudah dari bentuk fisiknya. Walaupun sama-sama mini, namun ayam serama berukuran lebih kecil dibandingkan ayam kate. Berat ayam kate bisa mencapai setengah kilogram bahkan lebih. Namun, perbedaan ayam serama dan ayam kate selanjutnya ada pada berat ayam serama yang rata-rata hanya 300 gram saja atau dibawah setengah kilogram. Jika digenggam, ayam serama besarnya hanya segenggaman tangan orang dewasa.

Perbedaan serama dan kate lainnya adalah pada bagian dadanya. Dada pada ayam serama lebih besar daripada bagian punggung belakangnya. Selain itu, yang terlihat jelas adalah ayam serama pandai dan senang membusungkan dada. Pada saat membusung, sayap serama luruh atau jatuh ke bawah. Ayam kate tidak bisa melakukan hal tersebut. Bagian dada ayam kate mungkin cukup besar, namun tidak membusung. 

Jika dilihat dari bentuk kakinya, perbedaan ayam serama dan ayam kate juga bisa terlihat. Kaki ayam kate lebih gemuk-gemuk pada bagian jarinya. Sementara kaki dan jari ayam serama nampak langsing dan mungil.  Jadi, kurang lebih ayam serama lebih terlihat sebagai miniature ayam. Dengan ukuran kecil, badan tegap dan dada membusung, kaki tegak dan mungil serta bulu-bulu pedang yang tegak dan indah. Sementara ayam kate lebih terlihat seperti ayam cebol. 

Perbedaan ayam serama dan ayam kate lainnya tentu saja pada harganya. Harga ayam kate hanya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah tergantung pada jenisnya. Sementara harga ayam serama cukup mahal. Ayam serama biasa yang belum menunjukkan prestasi biasanya harganya hanya seratusan ribu rupiah. Namun ayam serama yang sering ikut kontes ayam serama dan menang tentu harganya bisa mencapai belasan juta rupiah. 

Tips Memilih Ayam serama Kualitas Kontes

Jika Anda sudah tahu perbedaan ayam serama dan ayam kate, Anda tinggal memilih jenis dan ciri-ciri ayam serama yang berkualitas untuk kontes. Tentu Anda tidak berniat membeli ayam serama sekedar untuk koleksi saja bukan? Mengikuti kontes ayam serama bisa meningkatkan nilai jual ayam koleksi Anda, sekaligus memotivasi Anda untuk meningkatkan kualitas dan performa ayam-ayam serama milik Anda. 

Nah perbedaan ayam serama unggul dan ayam serama biasa adalah pada bagian dadanya. Serama unggul memiliki dada membusung dan tegak. Walaupun Anda membeli yang masih anakan, serama unggul bisa membusung ke depan dan kepala tegak ke belakang. Sayap-sayapnya turun ke bawah menyentuh tanah atau menutupi kaki-kakinya. Warna bulu serama unggulan harmonis, terang dan tidak kusam. 

Setelah mengetahui perbedaan ayam serama dan ayam kate serta ciri-ciri ayam serama unggul, jangan lupa belilah pada peternak atau penjual ayam serama yang terpercaya. Jika Anda ingin membeli secara online, Anda sebaiknya betul-betul berhati-hati dan meminta garansi. Jangan sampai Anda tertipu dan malah mendapatkan ayam kate. Bila perlu, belilah pada mereka yang sering atau rajin mengikuti kontes serama, ayam serama mereka tentu berkualitas.