Mari Mengenal 3 Jenis dan Harga Ayam serama Unggulan

Pecinta ternak ayam hias pasti sudah kenal dengan ayam yang satu ini. ayam serama hampir mirip dengan ayam kate, anda dapat mengenali perbedaannya disini. Ayam serama adalah ayam hias yang memiliki kontes khusus, seperti halnya ayam ketawa khas Sulawesi Selatan. Hal ini tidak lain karena jenis ayam hias ini memang suka tampil dan memukau pengunjung dengan gayanya yang khas dan unik. Jika Anda belum memilikinya, Anda harus mengetahui jenis dan harga ayam serama. Siapa tahu Anda ingin mengembangbiakkan jenis ayam mini ini.

Jenis-Jenis Ayam serama, Ayam Mini Yang Suka Bergaya

Secara umum, jenis dan harga ayam serama ada tiga. Namun sekarang semakin berkembang varian-varian baru hasil persilangan ayam serama yang menghasilkan ayam dengan kualitas beragam. Berikut ini adalah tiga varian utama ayam serama;

1. Ayam serama tipe slim

Jenis ayam serama tipe slim adalah ayam serama yang pertama dikenal oleh para hobis serama. Varietas ayam serama yang sangat popular ini memiliki postur tegap layaknya prajurit yang siap perang. Jadi tidak heran jika serama juga memiliki julukan sebagai ayam sombong. Jika ayam kate bertubuh gempal, body ayam serama slim atau langsing dan ideal layaknya ayam jago atau ayam kampung. Hanya saja, ayam serama ini adalah miniaturnya yang mungil.  

Bentuk tubuh ayam serama yang proporsional ini dapat dilihat dari ukuran dan proporsi kepala, badan dan panjang kaki. Hal ini sangat membedakannya dari ayam kate yang lebih cenderung sebagai ayam cebol atau kerdil. Selain itu, varian ayam serama slim ini juga suka bergaya di atas papan pentas. Gayanya yang tegak dan membusungkan dada tidak akan ditemukan pada jenis ayam kate atau ayam biasa lainnya. Jenis dan harga ayam serama dan kate karenanya berbeda.

2. Ayam serama Tipe Apel

Ayam serama tipe bold atau tipe apel baru diperkenalkan dan mulai popular tahun 2003-2004. Perbedaannya dengan serama jenis slim adalah dadanya yang sungguh berisi dan besar. Jenis ayam serama apel jika sedang tegap dan membusungkan dada maka kepalanya bisa tertarik ke belakang. Jadi jika diamati jenggernya saja yang terlihat dari depan. Jenis dan harga ayam serama tipe apel tidak berbeda dengan tipe slim karena memang masih keturunan slim. 

3. Ayam serama Jenis Ideal

Tipe ayam serama ideal ini adalah persilangan dari jenis ayam serama slim dan apel. Serama ideal ini memiliki tubuh yang ramping dengan dada yang berisi layaknya serama apel. Namun untuk mendapatkan serama jenis ideal ini tidak gampang. Pada satu keturunan, tak lebih dari 10 % yang benar-benar menjadi jenis serama ideal yang diinginkan. Sisanya memiliki sifat dominan seperti serama apel atau serama slim. Karena itu, jenis dan harga ayam serama ideal tentu lebih mahal. 

Dari ketiga jenis ayam serama diatas, saat ini yang sering masuk dan unggulan dalam kontes-kontes ternak ayam serama adalah jenis ayam serama ideal. Hal ini tidak lain karena memang bentuknya yang sangat proporsional dan memiliki kekhasan ayam serama berupa dada yang membusung. Namun demikian, untuk mendapatkan kualitas performa serama unggulan untuk kontes, bentuk tubuh yang ideal saja tidaklah cukup. Anda tetap harus melatih ayam serama Anda agar penuh percaya diri dan mampu bergaya.

Jenis dan harga ayam serama tetap ditentukan tidak hanya oleh kesempurnaan fisik yang ideal. Performa, gaya dan penampilan ayam serama Anda di panggung-panggung kontes juga harus diuji. Terkadang, hobies fokus pada bentuk fisik semata, namun ketika berada di atas papan pentas ayam serama miliknya tidak bereaksi apa-apa. Hal ini tentu akan mengurangi nilai tambah ayam serama yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah tersebut.