3 Ramuan Pakan & Jamu Ayam bangkok Tradisional Paling Ampuh

Pemberian pakan & jamu ayam bangkok sangat berpengaruh terhadap kekuatan ayam bangkok itu sendiri saat diadu. Ayam bangkok terkenal sebagai jenis ayam aduan yang banyak digemari. Untuk itu, dalam merawat ayam bangkok itu sendiri membutuhkan perhatian lebih khusus dan ekstra. Tak hanya dari jumlah pakan, jenis pakan dan kandangnya saja tetapi juga untuk stamina dan kekuatan ayam bangkok itu sendiri ketika diajak bertarung. Untuk menjaga stamina ayam, Anda tentu harus membuatkan resep jamu ayam bangkok berkualitas yang harus diberikan pada ayam.

Para pencinta ayam kini memang dimanjakan akan hadirnya berbagai macam produk jamu secara khusus untuk ayam. Penggunaan pakan & jamu ayam bangkok berbentuk kemasan ini memang lebih praktis dan simple sebab kita tak perlu repot untuk menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan lalu meramu jamu tradisional sendiri. Namun dengan membuat jamu tradisional sendiri tentunya membuat kita lebih merasa puas. Tak hanya dapat memastikan kualitasnya saja, tetapi juga lebih memperkuat ikatan batin yang terjadi antara kita dan ayam bangkok yang akan diadu.

Aneka Resep Pakan & Jamu Ayam bangkok Aduan

Ada beberapa resep jamu tradisional ayam bangkok aduan yang bisa kita racik sendiri di rumah sebagai berikut:

1. Resep Jamu Sebelum Ayam Diadu

Pemberian pakan & jamu ayam bangkok sebelum diadu bertujuan meningkatkan stamina ayam. Anda perlu menyediakan bahan-bahan jamu terlebih dulu, seperti 2 ruas jahe seukuran ibu jari, 5 helai daun jeruk, 2 ekor lele yang dipanggang, lidah buaya 2 batang, daging kambing 2 ons, daun kacang, garam secukupnya dan kuning telur 1 butir. Adapun cara membuatnya, pertama-tama potong jahe, daun kacang, lidah buaya dan daun jeruk terlebih dulu sampai berukuran kecil.

Cara selanjutnya yaitu dengan menumbuk bahan-bahan tadi yang sudah dipotong sampai halus lalu tambahkan ikan lele, daging kambing dan kuning dari telur bebek serta tumbuh kembali. Bubuhkan gula merah sedikit saja dan jemur sampai kering. Jika adonan sudah kering, selanjutnya tambahkan madu sampai mengental serta teksturnya berubah seperti dodol. Anda bisa membuat adonan pakan jamu ayam bangkok aduan ini berbentuk granul yang seukuran biji jagung lalu berikan pakan ini pada ayam untuk 1butir per harinya.

2. Pakan Jamu Ayam bangkok Menambah Energi

Pakan & jamu ayam bangkok berikutnya bertujuan untuk menambah energi dan tenaga pada ayam bangkok agar lebih bergairah. Disamping itu, dapat diberikan pula demi meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Caranya yaitu menyediakan 5 helai daun jeruk purut, 5 buah cabai puyang atau jamu, 1 sdt merica, madu secukupnya dan 1 ekor ikan lele. Untuk membuatnya pertama-tama lumatkan terlebih dulu merica, daun jeruk dan cabai jamu lalu masukkan pada perut lele yang telah disiangi. Selanjutnya panggang lele jika sudah matang lumatkan lalu tambahkan madu secukupnya. Anda bisa membentuk adonan ini berbentuk butiran kecil lalu berikan 1 butir pada ayam setiap hari.

Mungkin Anda Tertarik Dengan

3. Pakan Jamu Ayam Untuk Memulihkan Stamina Sesudah Berlaga

Ramuan pakan & jamu ayam bangkok ini bisa diberikan ke ayam bangkok seusai diadu. Hal tersebut bertujuan agar memulihkan kekuatan dan stamina ayam saat penyembuhan luka. Adapun untuk membuatnya, Anda bisa menyediakan kencur basah 50 gram, beras 500 gram, madu secukupnya, gula aren secukupnya dan 3 butir dari telur bebek. Untuk membuatnya sendiri sama seperti halnya membuat jamu dari beras kencur.

Itulah 3 macam resep pakan & jamu ayam bangkok yang bisa Anda berikan untuk ternak ayam bangkok aduan kesayangan Anda. Selamat mencoba!

0 komentar :

Poskan Komentar