4 Jenis dan Harga Kambing Etawa Terupdate

Kambing etawa adalah jenis kambing berpostur besar yang berasal dari India. Jenis dan harga kambing etawa sangat berbeda dari jenis kambing lokal yang ada di pasaran Indonesia. Dengan harga yang cukup tinggi, jenis kambing etawa menjadi kambing yang saat ini banyak dibudidayakan oleh para peternak kambing. Para peternak kambing lokal beralih memelihara kambing etawa karena tergoda oleh keuntungan berlipat.

Pada awal kemunculannya, harga kambing etawa dengan ukuran dan kualitas standar mencapai 5 juta hingga 8 juta rupiah. Sedangkan untuk ukuran yang bisa dikategorikan super mencapai harga maksimal hingga 15 juta rupiah. Setelah sekian lama menjadi tren ternak kambing etawa, jenis dan harga kambing etawa semakin bervariasi. Namun demikian, kambing etawa masih bisa dikatakan tinggi dibandingkan dengan kambing lokal. Hal ini membuat tren beternak kambing etawa masih booming di Indonesia.

Variasi Jenis dan Harga Kambing etawa Yang Dibudidayakan di Indonesia

Setelah sekian lama dibudidayakan di Indonesia, jenis kambing etawa berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar.  Permintaan akan berbagai varian jenis untuk keperluan yang berbeda membuat peternak mengembangkan kambing etawa. Selain karena permintaan pasar, peternak juga melakukan pengembangan agar kambing etawa yang bukan berasal dari Indonesia bisa mampu beradaptasi dengan lingkungan. Jenis dan harga kambing etawa yang cukup stabil membuat budidaya semakin marak.

Berikut ini variasi jenis dan harga kambing etawa yang dikembangkan peternak yang ada di Indonesia.

1. Kambing etawa Pedaging

Kambing etawa memiliki postur yang bongsor tinggi besar sehingga menghasilkan banyak daging. Karena itu, budidaya kambing etawa memiliki nilai ekonomis dengan nilai jual yang tinggi. Nilainya akan meningkat terutama pada saat menjelang hari raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Pada hari normal (selain Idul Qurban), kambing pedaging yang biasanya jantan bila telah berusia 2 tahun bisa mencapai harga hingga 5 juta rupiah.

2. Kambing etawa perah

Jenis kambing etawa perah dikembangkan oleh peternak karena permintaan pasar akan susu kambing etawa yang tinggi. Susu kambing dipercaya memiliki khasiat khusus untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit yang berbahaya seperti darah tinggi, jantung, kolesterol, asma, dan penyakit lainnya. Kambing jenis perah adalah kambing betina yang bila berusia 1 hingga 2 tahun memiliki harga sekitar 3,5 juta rupiah.

3. Kambing etawa kontes

Jenis dan harga kambing etawa untuk kontes berbeda dengan kambing etawa lainnya. Apabila telah mengikuti kontes nasional, maka harga bisa mencapai sepuluh kali harga kambing etawa normal. Untuk keperluan kontes, biasanya kambing yang diikutsertakan sesuai dengan kategori kontes menurut penilaian. Seperti kesehatan kambing, kebersihan, motif bulu dan kecantikan, serta penilaian lainnya. 

4. Kambing PE (Peranakan etawa)

Kambing peranakan etawa adalah kambing hasil kawin silang antara kambing etawa dengan jenis kambing local. Kambing jenis ini memiliki postur lebih besar dari kambing lokal, namun lebih kecil dari kambing etawa. Budidaya kambing PE dilakukan karena jenis kambing ini memiliki jenis pakan yang sama seperti kambing local, juga mampu beradaptasi dengan baik. Kambing ini memiliki nilai jual lebih tinggi dari kambing local yang ada di pasaran.
Artikel Menarik lainnya


4 Tips Memulai Usaha Peternakan Kambing Agar Usaha Makin Untung
5 Khasiat & Manfaat Susu Kambing Etawa, Susu Sehat Tidak Bikin Alergi
Prospek & Peluang Bisnis Susu Kambing Etawa dan 4 Tips Meningkatkan Bisnis Agar Semakin Besar

Jenis dan harga kambing etawa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh penjual. Namun demikian, bila Anda bisa menawar dengan baik, harga bisa saja turun drastis. Namun pada dasarnya, kambing jenis etawa adalah kambing yang memiliki harga tertinggi saat ini. Namun demikian, level harga kambing etawa juga dipengaruhi oleh kualitas yang ditawarkan. Karena itu Anda bisa memilih kualitas etawa super atau kambing etawa standar.