5 Tips Memilih Anak Ayam bangkok Bagus untuk Hasil Ternak yang Menguntungkan

Tips memilih anak ayam bangkok bagus tidak diperlukan bagi para pehobi ayam bangkok. Karena hobinya tersebut, membedakan mana ayam bangkok yang bagus yang tidak bagus bukan pekerjaan yang sulit dilakukan. Namun untuk Anda yang baru dalam dunia budidaya ternak ayam bangkok, tentu saja sulit untuk membedakannya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih anak ayam bangkok yang bagus demi menghasilkan ayam bangkok super kelak. Jika Anda hanya asal memilih, bisa jadi budidaya ayam bangkok yang Anda lakukan kurang maksimal.

Tips Memilih Anak Ayam bangkok yang Bagus

Berikut ini adalah ciri anakan bangkok yang bagus, sangat cocok bagi Anda yang ingin membudidayakannya. Budidaya ayam bangkok sendiri merupakan salah satu usaha dengan peluang yang masih terbuka lebar. Dikenal sebagai ayam petarung yang tangguh, ayam bangkok banyak diminati masyarakat Indonesia. Tidak hanya bagi kaum pria saja, tidak jarang dari kaum wanita yang juga memelihara ayam bangkok. Intinya, pangsa pasar budidaya ayam bangkok sangat luas dan keuntungannya tidak sedikit. Untuk itu, simak tips memilih anak ayam bangkok bagus berikut ini agar usaha Anda semakin menguntungkan:

1. Pilih berdasarkan kepala

Pilihlah anak ayam bangkok yang memiliki bentuk kepala mirip seperti kepala burung jalak. Bentuk kepalanya agak tebal dan panjang. Disertai dengan kulit tipis yang halus, itu merupakan ciri bahwa anak bangkok memiliki daya tahan tubuh yang bagus. 

2. Pilih berdasarkan paruh

Harga anakan bangkok cukup terjangkau sehingga Anda dapat membelinya dengan mudah. Namun jangan asal memilih begitu saja karena dapat mempengaruhi keuntungan yang akan Anda peroleh kelak. Anak ayam bangkok yang bagus yaitu anakan ayam bangkok yang memiliki paruh yang pada bagian tengahnya terdapat garis. Paruh tersebut mirip seperti paruh burung rajawali, itu merupakan ciri anak ayam bangkok yang ganas dan juga kuat. Tips memilih anak ayam bangkok bagus yang satu ini harus dilakukan dengan benar. Jika ada, pilih anak bangkok yang memiliki paruh dan ruas kaki yang sama warnanya.

3. Pilih berdasarkan mata

Jika ingin memilih anak ayam bangkok yang bagus, maka Anda juga perlu melihat matanya. Mata anak bangkok bagus adalah mata yang jernih dan bulat serta tulang alisnya tampak menonjol. Ciri anak ayam bangkok tersebut menandakan kelak ayam bangkok akan memiliki pengawasan yang tajam.

4. Pilih berdasarkan kaki

Selain kepala, paruh dan juga mata, tips memilih anak ayam bangkok bagus yaitu dengan memperhatikan kakinya. Kaki anak ayam bangkok yang bagus yaitu dengan bentuk yang proporsional dengan lutut yang menjorok ke belakang. Jari-jarinya terlihat normal, panjang dan terbuka lebar serta bersisik kering. Ciri tersebut menandakan bahwa kelak anak ayam bangkok akan memiliki kuda-kuda yang kuat serta serangan yang kuat.

5. Pilih berdasarkan tulang

Anakan bangkok super juga dapat dilihat dari tulangnya. Ada 3 bagian yang penting untuk diperhatikan jika Anda memilih anak ayam bangkok bagus. Diantaranya yaitu tulang leher, tulang kaki dan tulang badan. Tips memilih anak ayam bangkok bagus ini perlu Anda lakukan dengan cara yang benar agar Anda mendapatkan anak bangkok super.

Mungkin Anda Tertarik Dengan

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin memilih anak ayam bangkok yang berkualitas bagus untuk di ternak kan. Jika Anda memilih anak bangkok yang bagus, kelak anakan tersebut akan menjadi ayam bangkok petarung yang tangguh dan juara. Semakin sering memenangkan pertarungan, maka akan semakin mahal pula harga yang dapat Anda tawarkan. Untuk itu, jangan abaikan tips memilih anak ayam bangkok bagus tersebut karena sudah banyak yang membuktikannya.