7 Ciri-Ciri Ayam bangkok Juara Untuk Kontes Aduan Ayam

Ciri-ciri ayam bangkok juara untuk ayam aduan. Bagi kalangan penghobi, penggemar dan peternak ayam bangkok tentu dengan mengetahui ciri fisik dan bentuk ayam dipercaya bisa mendeskripsikan kualitas dari ayam itu sendiri. Hal tersebut memang tak menjamin benar 100%, namun tentunya banyak orang yang menjadikan ciri fisik ayam bangkok sebagai acuan dalam memilih ayam juara untuk kompetisi adu ayam. Ada beberapa ciri yang bisa kita temukan untuk menjadikan acuan bahwa ayam bangkok tersebut adalah jenis ternak ayam aduan terbaik dan juara.

Ciri Fisik Ayam Bangkok Juara dan Bentuknya 

Berikut ini ciri-ciri ayam bangkok juara yang perlu Anda ketahui, sebagai bahan acuan:

1. Leher

Ciri fisik ayam bangkok juara yang pertama bisa kita lihat dari lehernya. Anda bisa memperhatikan bagian tulang leher ayam tersebut. Bila ukurannya besar, maka ayam ini bukan termasuk tipe ayam peluk yang mempunyai gaya bertarung yang monoton. Namun berbanding terbalik jika ayam tersebut memiliki tulang leher yang lebih kecil. Dimana ayam yang memiliki bentuk tulang leher seperti ini mempunyai kuncian baik. Sebab pergerakan leher dan kepalanya menjadi lebih luwes.

2. Kepala

Ciri-ciri ayam bangkok juara berikutnya dilihat dari kepala. Untuk memilih ayam bangkok juara, maka sebaiknya pilih ayam yang memiliki bentuk kepala lebih kecil sama halnya dengan buah pinang. Hal tersebut dikarenakan ayam berbentuk kepala yang lebih besar biasanya menandakan akan kebodohannya. Berbeda dengan ayam yang memiliki kepala bentuk buah pinang tentunya lebih cerdik.

3. Jengger

Anda juga bisa memperhatikan jengger ayam bangkok untuk dipilih. Jengger yang besar umumnya menandakan bahwa ayam mempunyai gaya bertarung kalem. Sementara jengger dengan ukuran lebih kecil menandakan bahwa ayam mempunyai gaya bertarung lebih gesit.

4. Kulit Muka

Bentuk ayam bangkok juara berikutnya bisa dilihat dari kulit muka. Ayam yang memiliki kulit muka lebih tebal serta berkerut umumnya mempunyai pembawaan lebih kalem. Biasanya ayam ini juga lebih tahan saat menerima pukulan dari lawan, alias tak udah ambruk. Hal tersebut berbeda pada ayam yang kulit mukanya lebih tipis yang memiliki sifat lebih gesit. Akan tetapi, ayam tipe ini pun lebih rentan saat terkena pukulan.

5. Tulang Dada

Ciri-ciri ayam bangkok juara selanjutnya bisa dilihat dari tulang dada. Anda bisa memperhatikan bagian tulang dada pada ayam. Terdapat 2 tipe ayam dilihat dari tulang dadanya, yakni tulang dada pendek dan panjang. Tulang ada pendek menandakan bahwa ayam memiliki pukulan baik, kuat dan akurat tetapi kurang kuat jika menerima pukulan lawan. Berbeda dengan ayam bertulang dada panjang menandakan bahwa ayam memiliki daya tahan yang kuat dari pukulan lawan selain itu pukulannya pun lebih keras.

6. Bentuk Tubuh

Ciri-ciri ayam bangkok juara bisa juga dilihat dari bentuk tubuhnya. Bila ayam memiliki bentuk tubuh tegap dengan kemiringan 45 derajat lebih, maka ayam menandakan dirinya lebih gemar bermain atas. Sementara ayam dengan kemiringan 45 derajat kurang mencirikan bahwa ayam lebih gemar bermain bawah.

Mungkin Anda Tertarik Dengan

7. Ekor

Untuk melihat apakah ayam bangkok yang Anda incar juara atau tidak, bisa dilihat dari bentuk ekornya. Ayam yang memiliki ekor panjang mencirikan gaya bertarung yang kalem. Sedangkan untuk ayam yang berekor pendek mencirikan ayam bangkok tersebut mempunyai pukulan cepat dan gesit.

Itu dia beberapa ciri-ciri ayam bangkok juara yang bisa dijadikan patokan atau acuan dalam memilih ayam juara. Anda juga bisa melatih ayam bangkok kesayangan agar bisa menjadi juara dengan perawatan yang intensif!