Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif

Pakan ayam kampung yang digunakan untuk peternakan adalah pakan pabrikan yang memiliki standar gizi agar ayam memiliki pertumbuhan yang baik. Karena itu, fungsi pakan ayam kampung sangat penting dalam industry peternakan ayam. Apabila kita salah memberikan pakan kepada ayam yang kita ternak maka pertumbuhan dan kesehatannya dapat terganggu. Bila kesehatan terganggu, maka target panen bisa tidak tercapai dan kita bisa mengalami kerugian.

Mengingat pentingnya pakan ayam, para peternak akhirnya membeli pakan pabrikan yang praktis dan dianggap aman. Makanan pabrikan untuk ayam merupakan anggaran terbesar yang dikeluarkan untuk melakukan budidaya ayam kampung. Dan anggaran akan semakin membesar bila harga pakan langka karena stok pasar yang berkurang. Karena itu, membuat pakan ayam kampung alternatif adalah cara jitu untuk menekan biaya pakan ternak.

Nilai Gizi Pakan Ayam Kampung Alternatif

Pakan ayam buatan sendiri harus memiliki nilai gizi yang cukup untuk tumbuh kembang ayam kampung yang kita budidayakan. Bila tidak maka pertumbuhan ayam akan lambat dan memperpanjang masa panen yang efisien dan menguntungkan. Semakin lama masa panen, maka akan memperpanjang masa pemeliharaan. Untuk itu perlu diperhatikan kandungan gizi yang baik dalam pakan ayam kampung buatan sendiri.

Pakan ayam kampung yang baik harus memenuhi beberapa unsur, seperti ME, protein, lemak, serat kasar, vitamin, dan mineral. Kandungan tersebut sangat diperlukan oleh ayam agar memiliki tumbuh kembang yang baik dan stabil. Selain itu, kita juga harus memperhatikan selera makan pada ayam kampung. Bila ingin membuat pakan ayam kampung sendiri, pastikan pakan yang kita buat disukai oleh ayam, sehingga ayam bisa makan dengan lahap dan cepat besar.

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung Alternatif

Untuk membuat pakan ayam kampung sehat kita memerlukan bahan yang baik dan cara pengolahan bahan yang baik juga. Selain itu, tekstur dan ukuran yang tepat sebaiknya digunakan sesuai dengan ukuran ayam pada masa pertumbuhannya agar ayam memiliki selera makan yang baik dan dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dijalankan agar bisa membuat pakan ayam kampung yang baik.

1. Pilih dan siapkan bahan baku 

Bahan baku yang digunakan adalah bahan yang murah dan mudah didapatkan disekitar kita. Misalkan, kita bisa mencampur 3 kg dedak, 3 kg jagung giling, 3kg ampas tahu, dan 0.5 kg ikan asin yang paling murah tumbuh halus. Uleni hingga tercampur rata agar memiliki nilai gizi yang baik dan merata. Anda juga bisa menambahkan daun singkong kering yang telah dihaluskan ke dalam adonan untuk memberi kandungan vitamin pada bahan pakan ayam kampung alternatif.

2. Kukus atau rebus campuran bahan yang digunakan

Untuk membuat bahan steril dan tercampur dengan baik, Anda bisa mengukus adonan yang telah dibuat tadi selama 45 menit. Atau bila mau direbus, Anda bisa mencampurkan semua bahan dengan air kemudian rebus hingga mendidih dan menjadi bubur. Setelah dingin, Anda bisa mengaduk pakan kampung dengan menggunakan tepung kanji agar menjadi agak pera atau tidak berair yang akan mempermudah pembentukan pakan.

3. Bentuk pakan ayam kampung sesuai selera

Pakan ayam kampung bisa dibuat berbentuk bulat dengan menggunakan nyiru atau tampah. Caranya yaitu dengan menaburkan kanji pada nyiru agar tidak lengket, kemudian tuangkan sedikit adonan yang pera tadi lalu goyang nyiru melingkar searah jarum jam. Anda juga bisa membuat bentuk bulat dengan menggunakan gilingan daging manual yang bisa dibeli di toko peralatan rumah tangga.

Setelah pakan selesai dibentuk, pakan ayam kampung harus dijemur agar kering dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pisahkan pakan yang kecil dan besar untuk digunakan sesuai umur ayam. Agar ayam terbiasa, campurkan pada pakan pabrikan yang Anda beli dengan pakan alternatif yang Anda buat. Kemudian kurangi dosis pakan pabrik bila ayam telah terbiasa dengan pakan buatan Anda. Semoga usaha ayam kampung anda semakin sukses.