Cara Merawat Ayam Bangkok Dari Anakan Hingga Dewasa

Cara merawat ayam bangkok supaya sehat. Ayam bangkok merupakan ternak ayam paling banyak diminati masyarakat. Hal ini dikarenakan ayam jenis ini terkenal akan kegagahannya yang tentunya memikat para peternak ayam untuk memeliharanya maupun menjadikannya sebagai jenis ayam aduan. Akan tetapi, jika Anda tertarik beternak ayam jenis ini, tentunya harus merawat anak ayam bangkok sampai ia tumbuh besar. Dengan begitu ketika sudah besar, maka Anda pun dapat menjualnya dengan patokan harga tinggi berdasarkan kualitasnya.

Metode Cara Merawat Ayam bangkok Mudah

Cara merawat ayam bangkok memerlukan beberapa tahapan penting yang harus dilakukan, seperti berikut ini!

1. Persiapan Kandang Ayam

Hal pertama dalam panduan merawat ayam bangkok yaitu mempersiapkan kandang berbeda antara anakan dan induk ayam bangkok. Bila Anda hendak ternak ayam yang satu ini tentu harus memisahkan kandang antara anak dan induknya sebab perawatan antara anak dan indukan dari ayam bangkok tersebut berbeda. Jenis kandang anak ayam berikut induk ayam pun berbeda. Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhatikan tipe kandang ternak yang sesuai agar anak dari ayam bangkok pun tumbuh besar dengan cepat dan juga dapat bertahan lama.

Adapun anak ayam bangkok baru lahir sampai umur 3 hari biasanya masih dengan kondisi rentan mati dan kritis. Untuk itu, memerlukan perawatan yang intensif agar anak ayam bangkok tidak mati. Dalam cara merawat ayam bangkok khususnya untuk anak ayam bangkok yang baru lahir adalah perlu menjaga temperature kandang agar tetap hangat serta memungkinkan anak ayam lebih mudah beradaptasi di lingkungan yang baru. Selain suhu, perhatikan pula sirkulasi udara pada kandang. selengkapnya tentang kandang ayam bangkok dapat dilihat di Kandang Ayam Bangkok

2. Pakan Ayam bangkok

Pemberian pakan untuk anak ayam umur 1-2 hari, sebaiknya hanya diberi air minum saja. Adapun kebutuhan nutrisi pada ayam sendiri masih bisa terpenuhi dari kuning telur dibagian bulu-bulunya. Melewati umur tersebut, makanan ayam bisa berbentuk pur yang diberikan dengan jumlah secukupnya. Untuk menghemat perawatan ayam bangkok ini, pakan pur dapat dicampur bekatul melalui perbandingan sebesar 4 : 1. Baca disini untuk selengkapnya mengenai pakan ayam bangkok : Pakan Ayam Bangkok

3. Pemberian Suplemen Tambahan

Cara merawat ayam bangkok berikutnya adalah pemberian suplemen tambahan pada anak ayam berumur 1 bulan. Biasanya peternak ayam untuk aduan sendiri memakai campuran pakan dari pur dengan susu bayi melalui perbandingan sekitar 5 : 1. Adapun susu bubuk tersebut diberikan untuk anak ayam yang berusia 1-4 bulan bertujuan untuk pembentukan bulu, otot, tulang serta bagian tubuh yang lainnya. Anda juga bisa menyesuaikan cara merawat anak ayam bangkok ini berdasarkan budget yang tersedia.

4. Pencabutan Bulu

Umumnya bulu-bulu dari anak ayam yang tumbuh sendiri menghabiskan terlalu banyak porsi nutrisi makanan yang telah dikonsumsinya. Maka dari itu, bila Anda menginginkan anak ayam cepat tumbuh maka bisa memotong dan juga membuang sebagian bulunya tersebut. Adapun bagian bulu pada ayam dipotong saat umur 3 minggu dibagian ekor dan sayapnya. Sementara ketika usianya telah menginjak 2 bulan sesudah bulu leher dan bulu punggung rontok, maka bulu yang masih tersisa pun harus dicabut dengan segera.

Mungkin Anda Tertarik Dengan

5. Perawatan Secara Intensif

Cara merawat ayam bangkok berikutnya untuk ayam bangkok jenis aduan sampai umur 6 bulan sebaiknya cukup dilakukan dibagian dalam kandang. Adapun hal tersebut bertujuan agar menghindari terjadinya kehilangan energi pada ayam sebab terlalu banyak beraktivitas. Dimana energi yang semestinya dipakai pada pertumbuhan tubuhnya hilang jika ia terlalu sering diumbar. Itulah beberapa tahapan penting dalam cara merawat ayam bangkok khususnya dari mulai anakan sampai umur ayam bangkok berusia dewasa.

0 komentar :

Poskan Komentar